FX Rudy Yakin PKS Solo Tak Akan Kampanye Golput

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Sabtu, 05 Sep 2020 13:58 WIB
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Kamis (24/10/2019).
FX Hadi Rudyatmo, Kamis (24/10/2019). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo berkomentar mengenai opsi PKS yang mungkin berkampanye golput di Pilkada Solo. Rudy meyakini hal tersebut tidak akan dilakukan oleh PKS.

Sebab menurutnya, sebagai partai politik memiliki tanggung jawab agar masyarakat berpartisipasi dalam Pilkada. Kesuksesan Pilkada salah satunya diukur dari tingkat partisipasi masyarakat.

"Partai politik nggak mungkin golput. Kalau sampai golput berarti bukan partai politik dong," kata Rudy kepada wartawan di Loji Gandrung, Sabtu (5/9/2020).

Selain PKS, ada kelompok masyarakat yang juga mengajak agar warga datang TPS, namun mencoblos kedua pasangan calon Pilkada Solo. Hal itu dilakukan agar suara menjadi tidak sah.

"Warga Solo itu sudah pintar-pintar, yang ngajak siapa, lalu mau ke mana, itu tahu semua. Jadi saya kok yakin dan percaya masyarakat Solo datang ke TPS untuk nyoblos sesuai dengan pilihannya," ujar dia.

Tanpa gerakan golput pun, lanjutnya, partisipasi pemilih memang diprediksi menurun sejak awal. Karena situasi pandemi COVID-19, masyarakat khawatir tertular virus.

Pria yang menjabat Wali Kota Solo itu yakin penyelenggara Pilkada akan melakukan protokol kesehatan ketat. Dirinya juga terus menyosialisasikan agar masyarakat tidak khawatir terjadinya penularan COVID-19 di TPS.

Selanjutnya
Halaman
1 2