Round-Up

Putra Presiden, Istri Bupati hingga Anak Walkot Daftar Pilkada Jateng-DIY

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 05 Sep 2020 11:16 WIB
Pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa berangkat ke KPU Solo untuk mendaftar sebagai peserta Pilkada Solo. Gibran-Teguh berangkat naik sepeda onthel.
Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa berangkat ke KPU Solo untuk mendaftar Pilwalkot Solo, Jumat (4/9/2020). (Foto: Agung Mardika/detikcom)
Yogyakarta -

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka resmi mendaftar Pilwalkot Solo, Jumat (4/9/2020). Selain itu ada nama-nama istri bupati hingga anak wali kota petahana yang mendaftar Pilkada serentak 2020 di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada hari pertama pendaftaran kemarin.

Untuk Pilwalkot Solo, berkas syarat pencalonan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dinyatakan lengkap oleh KPU Solo.

"Alhamdulillah sore ini saya dan Pak Teguh sudah resmi mendaftarkan diri sebagai pasangan calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Solo di KPU Surakarta. Seperti yang disampaikan KPU, dokumen kami dinyatakan lengkap," kata Gibran kepada wartawan di KPU Solo, Jumat (4/9/2020).

Selanjutnya, Gibran mengatakan akan mengikuti tahapan KPU. Dia juga berjanji menciptakan situasi masyarakat yang kondusif selama masa Pilkada Solo ini.

Sementara itu, istri Bupati Blora Djoko Nugroho, Umi Kulsum bersama pasangannya Agus Sugiyanto mendaftar Pilkada Blora.

Berkas persyaratan pencalonan Umi Kulsum-Agus Sugiyanto pun dinyatakan lengkap. Keduanya dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU Blora.

"Saya ucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, kami berdua telah dinyatakan sah oleh KPU menjadi pasangan Bupati dan Wakil Bupati 2021-2023," kata Umi Kulsum usai berkas pendaftarannya diterima KPU, Jumat (4/9).

Kemudian istri Bupati Semarang Mundjirin yakni Bintang Narsasi bersama pasangannya Gunawan Wibisono mendaftar Pilkada Kabupaten Semarang 2020.

"Kami berterima kasih karena berkas kami dinyatakan lengkap saat pendaftaran," kata Bintang di KPU Kabupaten Semarang, Jumat (4/9).

Istri Bupati Sleman Sri Purnomo, Kustini Sri Purnomo dan pasangannya Danang Maharsa juga mendaftar Pilkada Sleman di hari pertama. Kustini menargetkan bisa meraup suara lebih dari 50 persen.

"Kalau target tetap 50 persen suara ya," ujar Kustini, Jumat (4/9).

Pasangan Aji Setyawan dan Windarti Agustina mendaftar di Pilwalkot Magelang. Aji merupakan anak sulung Wali Kota Magelang saat ini, Sigit Widyonindito.

"Nggak juga kalau politik dinasti, saya cuma dituding nggak gimana-gimana itu namanya politik dinasti. Kita mengikuti proses juga, ketika saya mengikuti kontestasi juga, status saya sama dengan beberapa bakal calon lain," ujar Aji saat ditanya terkait politik dinasti, Jumat (4/9).

Berikut data bakal calon kepala daerah yang mendaftar Pilkada serentak 2020 di Jateng dan DIY pada hari pertama pendaftaran, Jumat (4/9):

1. Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa (Pilwalkot Solo, Jateng)
2. Harno-Bayu Andriyanto (Pilkada Rembang, Jateng)
3. Suharsono-Totok Sudarto (Pilkada Bantul, DIY)
4. Kuswanto-Kusnomo (Pilkada Purworejo, Jateng)
5. Mugiyono-M Badruddin (Pilkada Demak, Jateng)
6. Umi Kulsum-Agus Sugiyanto (Pilkada Blora, Jateng)
7. Bintang Narsasi-Gunawan Wibisono (Pilkada Kabupaten Semarang, Jateng)
8. Ngesti Nugraha-Basari (Pilkada Kabupaten Semarang, Jateng)
9. Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu (Pilwalkot Semarang, Jateng)
10. Joko Sutopo-Setyo Sukarno (Pilkada Wonogiri, Jateng)

Tonton juga 'KPU Wajibkan Calon Kepala Daerah Jalani Swab Test Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]