Buron 5 Tahun, Pembunuh OB Kampus AKRB Yogya Ditangkap!

Pradito Rida Pertana - detikNews
Jumat, 04 Sep 2020 19:18 WIB
Garis polisi (police line) dilarang melintas
Foto: Ilustrasi (Ari Saputra)
Bantul -

Pelaku pembunuhan office boy (OB) kampus Akademi Komunikasi Radya Binatama (AKRB) Yogyakarta pada tahun 2015 akhirnya ditangkap polisi. Pelaku bernama Yuli Widodo (26) yang juga seorang residivis kasus pencurian.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto menjelaskan, penangkapan warga Kelurahan Baciro, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta ini dilakukan pada Rabu (2/9).

"Jadi dia ini pelaku tunggal," kata Yuliyanto saat jumpa pers di Mapolres Bantul, Jumat (4/9/2020).

Selain meringkus pelaku, polisi juga turut mengamankan barang bukti berupa linggis dan obeng. Linggis tersebut merupakan alat yang digunakan Yuli untuk memukul korban, dan juga untuk membobol ruangan kampus AKRB.

Di tempat yang sama, Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda DIY Kombes Burkan Rudi Satria menjelaskan, selama sebulan terakhir polisi melakukan penyelidikan terhadap kasus yang terjadi di kampus AKRB 5 tahun lalu itu. Hasilnya dari olah TKP, polisi menemukan kesamaan sidik jari pelaku.

"Dari pengembangan di beberapa TKP ternyata mengarah kepada tersangka. Apalagi dari olah TKP ditemukan sidik jari, dan setelah dikoneksikan dengan sidik jari e-KTP mengarah ke tersangka," ucapnya.

Pembunuh office boy (OB) kampus AKRB Yogya ditangkap, Jumat (4/9/2020).Pembunuh office boy (OB) kampus AKRB Yogya ditangkap, Jumat (4/9/2020). Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Lanjutnya, dari hasil pemeriksaan ternyata pelaku juga melakukan pencurian di SMA Depok Sleman dan telah divonis satu tahun penjara. Modusnya sama dengan aksinya di AKRB, yakni mencongkel pintu dan menutupi CCTV.

"Jadi YW ini residivis. Sedangkan untuk motifnya membunuh korban karena ketahuan saat beraksi (mencuri di kampus AKRB)," ujarnya.

Atas perbuatannya, pelaku disangkakan Pasal 339 KUHP tentang Pembunuhan dengan ancaman 20 tahun penjara. Selain itu, pelaku juga disangkakan Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan, untuk ancaman hukumannya 15 tahun penjara.

Diketahui, seorang office boy sekaligus petugas keamanan (sekuriti) di kampus Akademi Komunikasi Radia Binatama (AKRB) Yogyakarta, Witarno, ditemukan tewas berlumuran darah pada November 2015. Korban ditemukan di salah satu ruangan kampus yang terletak di Jalan Janti, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2