Gibran-Teguh Daftar Pilkada Solo Besok, Purnomo Ikut Mengantar?

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 03 Sep 2020 21:25 WIB
Gibran Rakabuming sowan Achmad Purnomo di kediaman Purnomo, Jalan Bhayangkara, Penumping, Laweyan, Solo, Kamis (3/9/2020).
Gibran Rakabuming sowan Achmad Purnomo di kediaman Purnomo, Jalan Bhayangkara, Penumping, Laweyan, Solo, Kamis (3/9/2020). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa sowan ke kediaman Achmad Purnomo menjelang pendaftaran Pilkada Solo. Akankah Purnomo bersedia mengantar Gibran-Teguh ke KPU besok?

Usai pertemuan di kediamannya, Jalan Bhayangkara, Laweyan, Solo, Purnomo mengatakan tidak akan ikut dalam rombongan pendaftar. Alasannya ialah karena jumlahnya dibatasi oleh KPU.

"Kan dibatasi hanya 40 orang," kata Purnomo, Kamis (3/9/2020).

Di tempat yang sama, Ketua DPC PDIP Solo yang juga Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo (FX Rudy), mengatakan Purnomo besok akan menjalankan tugasnya sebagai Wakil Wali Kota Solo.

"Beliau jaga di pemerintahan. Kalau berdua nganter (ke KPU) gimana. Kita selalu bagi tugas," ujar Rudy.

Diketahui, Gibran bersama Teguh dan ditemani sejumlah pengurus PDIP, seperti Ketua DPC FX Hadi Rudyatmo dan Wakil Ketua DPC Putut Gunawan datang ke kediaman Purnomo. Mengenakan kemeja batik, mereka tiba di kediaman Purnomo, Jalan Bhayangkara, Penumping, Laweyan, Solo, Kamis (3/9) pukul 16.00 WIB.

Seperti diketahui, rivalitas Gibran dengan Purnomo terjadi ketika keduanya berjuang mendapatkan tiket maju Pilkada Solo dari DPP PDIP. Purnomo diusung DPC PDIP Solo bersama Teguh Prakosa.

Namun pada akhirnya rekomendasi jatuh kepada Gibran dan Teguh. Atas hasil tersebut, Purnomo sempat mengaku kecewa.

Gibran-Teguh resmi menjadi bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo PDIP pada 17 Juli 2020. Usai pengumuman di DPD PDIP Jawa Tengah, Gibran-Teguh rencananya langsung berkunjung ke rumah Purnomo.

Namun saat itu Purnomo sedang tidak berada di rumah. Gibran pun berencana menjadwalkan ulang. Akhirnya mereka baru bertemu hari ini, Kamis (3/9), sehari menjelang pendaftaran Pilkada Solo.

(rih/mbr)