Selain Wabup Petahana, Istri Bupati Juga Daftar Pilkada Sleman Hari Pertama

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 16:36 WIB
ilustrasi pilkada serentak 2015
Foto: Ilustrasi Pilkada. (Zaki Alfarabi)
Sleman -

Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa berencana untuk mendaftar Pilkada Sleman 2020 pada 4 September atau hari pertama pendaftaran. Selain Kustini yang merupakan istri Bupati Sleman Sri Purnomo, pasangan Sri Muslimatun-Amin Purnama juga akan mendaftar ke KPU di hari pertama.

"Kami sepakat untuk mendaftar pada hari pertama atau tanggal 4 September," kata Kustini saat dihubungi wartawan, Rabu (2/9/2020).

Keputusan yang diambil itu telah melalui pertimbangan dari partai pengusung maupun pendukung. Kustini mengaku semua berkas sudah disiapkan.

"Pertimbangan untuk daftar hari pertama ya ini sudah melalui pertimbangan dari partai yang mengusung kami. Untuk berkas semua sudah beres," ungkapnya.

Menurutnya, saat pendaftaran akan ada 100 an orang yang mengantar ke KPU Sleman. Ratusan orang itu merupakan gabungan dari partai pengusung dan pendukung.

"Daftar sekitar pukul 14.00 WIB, ada pengusung PDIP dan PAN dan partai pendukung seperti Gelora dan Partai Demokrat," ungkapnya.

"Untuk yang mendampingi ada 100 orang, tapi nanti saat mendaftar ada 8 orang dari pimpinan partai," tambahnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati petahana Sleman Sri Muslimatun berencana mendaftarkan diri ke KPU Sleman sebagai bakal calon Bupati Sleman pada Jumat (4/9) mendatang. Kepastian untuk mendaftar itu setelah tiga partai yaitu PKS, Golkar dan Nasdem sepakat mengusung pasangan Sri Muslimatun-Amin Purnomo.

"Kami kemarin sudah mohon izin mendaftar tanggal 4 September 2020 sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sleman, rencananya mendaftar pagi," kata Sri Muslimatun usai menghadiri acara Musda X DPD Golkar Sleman di Indolux Hotel, Sleman, Selasa (1/9).

Simak video 'KPU Wajibkan Calon Kepala Daerah Jalani Swab Test Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]