Fans Berat Bikin Patung Didi Kempot, Berhasil Jual Hingga AS

Akbar Hari Mukti - detikNews
Senin, 31 Agu 2020 11:51 WIB
Zain Luthfi Wijaya dengan patung Didi Kempot ciptaannya, Ungaran, Senin (31/8/2020).
Foto: Zain Luthfi Wijaya dengan patung Didi Kempot ciptaannya, Ungaran, Senin (31/8/2020). (Akbar Hari Mukti/detikcom)
Kabupaten Semarang -

Lewat usaha pembuatan action figure dan patung lokal, Zain Luthfi Wijaya (33) mampu menembus pasar internasional. Dia kini juga membuat patung atau action figure sosok Didi Kempot yang laku hingga Australia, Jepang, dan Amerika Serikat.

"Saya membuat 20 patung Didi Kempot, dan sudah laku 17 buah sampai saat ini oleh pembeli dalam maupun luar negeri," kata Zain saat ditemui di rumah produksinya di Perumahan Tugu Asri, Tengaran, Kabupaten Semarang, Senin (31/8/2020).

Zain mengaku ngefans dengan almarhum Didi Kempot. Patung Didi Kempot buatannya dibanderol mulai Rp 2 juta. Sementara harga sebuah action figure dibanderol mulai Rp 5 juta.

"Kalau dikirim ke luar negeri, biayanya sampai nyaris dua kali lipat," paparnya.

Zain mengaku menekuni usaha patung dan action figure tersebut mulai awal tahun 2020. Sebelumnya, ia bekerja di sebuah pabrik patung sejak tahun 2013.

Untuk membuat karyanya, Zain menggunakan ruangan yang berada di samping dapur rumahnya. Selain action figure, ia juga membuat patung kepala sesuai pesanan pembeli.

"Ukuran patung dan action figure kebanyakan 1 banding 6. Tapi ada yang meminta 1 banding 12 atau 1 banding 4," paparnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2