Nenek Dilaporkan Gantung Diri Ternyata Dibunuh, Pelaku Ngaku Dengar Bisikan

Eko Susanto - detikNews
Senin, 24 Agu 2020 19:54 WIB
Anak-menantu pelaku pembunuhan nenek di Temanggung
Foto: Anak-menantu pelaku pembunuhan nenek di Temanggung. (Eko Susanto/detikcom)
Temanggung -

Seorang nenek bernama Naruh (75) yang sempat dilaporkan tewas gantung diri ternyata dibunuh oleh anak lelaki SP (48) dan menantunya sendiri, HM (32). Kepada polisi, pelaku mengaku mendengar bisikan sebelum menghabisi Naruh.

"Motif sementara kalau dari keterangan saudara SP ini bahwa mendapatkan bisikan untuk membunuh ibunya. Namun, tersangka HM mengatakan ada motif ekonomi. Sehingga masih kita dalami, motif yang sebenarnya yang membuat para pelaku ini sampai tega membunuh orangtuanya sendiri," kata Kapolres Temanggung AKBP Muhamad Ali dalam konferensi pers di kantornya, Senin (24/8/2020).

Polisi telah memeriksa sejumlah saksi mulai dari anak korban lainnya. Ali melanjutkan, sebelum kejadian pelaku masuk ke kamar korban dan memukul kepalanya dengan tongkat, Sabtu (22/8) dini hari.

Korban kemudian dibawa keluar rumah dan dibuat seolah bunuh diri.

"Dari situ dibawa ke belakang (rumah), seolah-olah korban melakukan bunuh diri yaitu disangkutkan di pohon rambutan," ujarnya.

Ali menyebut kedua pelaku dijerat dengan Pasal 44 ayat 3 UU nomor 32 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga dan atau Pasal 338 KUHP dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara.

(sip/sip)