Pesawat N250 Karya Habibie Tiba di Museum TNI AU DIY dalam Kondisi Baik

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Jumat, 21 Agu 2020 15:29 WIB
Pesawat N250 Gatotkaca karya Habibie tiba di Museum Dirgantara TNI AU Yogyakarta
Foto: Pesawat N250 Gatotkaca karya Habibie tiba di Museum Dirgantara TNI AU Yogyakarta (Jauh Hari/detikcom)
Yogyakarta -

Pesawat N250 Gatotkaca yang sempat nyaris tersangkut di Gerbang Tol Banyumanik, Semarang, sudah tiba di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Badan pesawat (fuselage) N250 Gatotkaca ini dibawa dari PT Dirgantara Indonesia menuju Yogyakarta dengan truk trailer.

"Tiba di sini (museum) pukul 04.30 WIB menempuh 567 kilometer. Di pesawat tidak ada kerusakan, sepanjang perjalanan pesawat ini yang kami prioritaskan sehingga tidak ada kerusakan pada pesawat," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Fajar Adriyanto saat ditemui di kompleks Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Yogyakarta, Jumat (21/8/2020).

Dia mengakui ada kendala selama perjalanan dari Bandung ke Yogyakarta. Panjang truk pengangkut pesawat karya BJ Habibie itu membuat laju kendaraan tidak bisa cepat.

"Kendala banyak pertama pesawat ini dibawa truk trailer yang sangat panjang sehingga dalam perjalanan sedikit menghambat perjalanan lalu lintas, tidak bisa cepat," ujarnya.

Kendala lain, yaitu truk trailer hampir tidak bisa melewati gerbang tol. Fajar menyebut ada dua gerbang tol yang sedikit menghambat perjalanan.

"Ada pintu tol yang tidak cukup tingginya, sehingga kemarin dua pintu tol terhambat di Kalikangkung dan Banyumanik, Semarang," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, pesawat ini sempat mandek di Gerbang Tol Banyumanik, Semarang, saat diangkut menggunakan truk. Manajer Operasi PT Trans Marga Jawa Tengah Fauzi Abdurrahman mengatakan peristiwa terjadi pada Kamis (20/8) pukul 19.30 WIB.

Pesawat itu nyaris tersangkut di Gerbang Tol karena tinggi muatan tidak cukup untuk melintas di gardu. Maka truk yang membawa N250 Gatotkaca harus mundur dulu dan pindah gardu paling kanan yang lebih tinggi. Pukul 22.00 WIB, pesawat yang dibawa truk itu akhirnya bisa melintas dan melanjutkan perjalanan, hingga akhirnya sampai di Yogyakarta.

Tonton video 'Melihat Detik-detik Pesawat Karya BJ Habibie Dimuseumkan':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/ams)