Pesawat N250 Karya Habibie Tiba di DIY, Diistirahatkan di Museum TNI AU

Elza Astari Retaduari - detikNews
Jumat, 21 Agu 2020 10:46 WIB
Pesawat N250 Gatotkaca sampai di Yogyakarta. (Dok TNI AU)
Pesawat N250 Gatotkaca sampai di Yogyakarta. (Dok TNI AU)
Jakarta -

Pesawat N250 Gatotkaca yang sempat nyaris tersangkut di Gerbang Tol Banyumanik, Semarang, akhirnya tiba juga di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pesawat karya BJ Habibie itu masuk ke museum.

"Melalui perjalanan yang sangat panjang serta melelahkan, akhirnya N250 Gatotkaca tiba ditempat peristirahatannya di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Yogyakarta," demikian keterangan pers dari Dinas Penerangan TNI AU, Jumat (21/8/2020).

Badan pesawat (fuselage) N250 Gatotkaca ini dibawa dari PT Dirgantara Indonesia menuju Yogyakarta dengan truk trailer. Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Fajar Adriyanto menyatakan pesawat itu telah menempuh perjalanan darat 567 kilometer.

Pesawat ini akan menjadi monumen, pertanda bahwa Indonesia mampu membuat pesawat terbang dengan teknologi canggih, yakni fly by wire.

Pesawat N250 merupakan masterpiece Presiden ke-3 Republik Indonesia Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng, yang berhasil membuktikan bahwa anak bangsa mampu memproduksi pesawat terbang.