Sederhananya Haul Kanjeng Kiai R Adipati Aryo Tjondronegara III di Kudus

Dian Utoro Aji - detikNews
Rabu, 19 Agu 2020 18:52 WIB
Peringatan malam Suro dan Haul 1 Muharam Kanjeng Kiai Raden Adipati Aryo Tjondronegara III, Kudus, Rabu (19/8/2020).
Foto: Peringatan malam 1 Suro atau 1 Muharam dan Haul Kanjeng Kiai Raden Adipati Aryo Tjondronegara III, Kudus, Rabu (19/8/2020). (Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Peringatan malam 1 Suro atau 1 Muharam dan Haul Kanjeng Kiai Raden Adipati Aryo Tjondronegara III di Kudus digelar secara sederhana. Kegiatan rutin itu pun menerapkan protokol kesehatan dan jumlah pesertanya dibatasi.

Pantauan detikcom di makam Kanjeng Kiai Adipati Aryo Tjondronegara III, kompleks makam Sedo Mukti, Desa Kaliputu, Kecamatan Kota, Kudus, Rabu (19/8/2020), acara malam 1 Suro dan haul tersebut digelar cukup sederhana. Tampak peserta yang hadir merupakan warga setempat.

"Biasanya kita buat bungkusan 600 bungkusan, sekarang tidak ada setengah, puluhan saja, itu warga setempat yang luar daerah tidak ada. Acara digelar secara sederhana," kata juru kunci makam Kanjeng Kiai Adipati Aryo Tjondronegara III, Temu Sunarto.

Sunarto mengatakan, acara dimulai pukul 16.00 WIB. Rangkaian acara berupa bacaan tahlil dan doa. Biasanya ada mauidoh khasanah, tapi untuk tahun ini ditiadakan.

"Hanya doa tahlil, Yasin sama doa. Biasanya ada mauidoh khasanah, ini tidak ada karena situasi dan kondisi seperti ini," ungkap dia.

Peringatan malam Suro dan Haul 1 Muharam Kanjeng Kiai Raden Adipati Aryo Tjondronegara III, Kudus, Rabu (19/8/2020).Peringatan malam 1 Suro dan Haul 1 Muharam Kanjeng Kiai Raden Adipati Aryo Tjondronegara III, Kudus, Rabu (19/8/2020). (Dian Utoro Aji/detikcom)

Sunarto menjelaskan, Kanjeng Kiai Adipati Arti Tjondronegara merupakan Bupati Pati-Kudus pada tahun 1811 sampai tahun 1837. Dia dimakamkan di lahan milik keluarga seluas 2 hektare di Desa Kaliputu, Kecamatan Kota, Kudus.

Selanjutnya
Halaman
1 2