Round-Up

Akhirnya Bupati Rembang Sowan Gus Mus dan Minta Maaf Abai Pasang Bendera

Arif Syaefudin - detikNews
Rabu, 19 Agu 2020 09:36 WIB
Suasana pertemuan Bupati Rembang Abdul Hafidz dan wakilnya Bayu Andriyanto dengan Gus Mus, Selasa (18/8/2020)
Foto: Suasana pertemuan Bupati Rembang Abdul Hafidz dan wakilnya Bayu Andriyanto dengan Gus Mus (Arif Syaefudin/detikcom)
Rembang -

KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus melontarkan kritikan tentang tidak ada satu pun pemasangan bendera merah putih di Alun-alun Kota Rembang pada momen kemerdekaan hari Senin lalu. Akhirnya bupati sowan menjelaskan dan meminta maaf.

Imbas dari kritikan tersebut, Pemkab menuai banyak sorotan dari warga. Hingga akhirnya Bupati Abdul Hafidz, wakil Bupati Bayu Andriyanto beserta jajaran sowan langsung ke Gus Mus di kediaman, kompleks Pondok Raudlatut Thalibien, Leteh, Rembang, kemarin.

Usai pertemuan, Bupati Rembang Abdul Hafidz mengatakan, kedatangannya ke ndalem Gus Mus untuk meminta maaf karena keterlambatan Pemkab memasang bendera merah putih di Alun-alun Kota Rembang.

"Kemarin kita diingatkan ada ruang publik alun- alun yang sama sekali tidak ada bendera merah putih sehingga saya minta didukani (dimarahi) sama Mbah Mus. Ini sebagai tanggung jawab kami, meskipun itu tugas panitia, saya sebagai bupati siap untuk didukani oleh Mbah Mus," kata Abdul Hafidz kepada wartawan, Selasa (18/8).

Hafidz mengaku mendapat banyak wejangan pada pertemuan tersebut. Ia pun menerimakan atas apa yang menjadi keresahan Gus Mus hingga diungkapkan dalam sebuah video dan viral.

"Persoalannya ini tidak hanya masalah kedinasan tapi bagaimana mengangkat Rembang, ruang-ruang publiknya ini menunjukkan Rembang ini peduli dan berkomitmen, menjunjung tinggi pahlawan kita sehingga saya didukani. Saya pastikan menerima dan sebagai cambuk agar kita lebih baik," paparnya.

Ia menyadari Pemkab tidak boleh berpijak pada ketentuan saja, tetapi juga melihat dari sisi sosial kemasyarakatan. Terlebih Gus Mus dikenal sebagai ulama yang gencar menyuarakan nasionalisme dan kebangsaan.

"Keberadaan bendera merah putih bisa mewakili wujud kontribusi kepedulian dan komitmen menjunjung tinggi rasa nasionalisme," terangnya.

Ini video 'Kritikan Gus Mus Melihat Tak Ada Merah Putih di Alun-alun Rembang':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2