Awal Mula Gadis SMP Solo Dibully dan Ditampar: Saling Ejek dan Hasut

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 13:53 WIB
Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak
Kombes Ade Safri Simanjuntak (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Seorang gadis SMP di Solo menjadi korban bullying atau perundungan oleh kawan-kawannya. Polisi mengungkap kejadian bermula dari saling ejek hingga saling menghasut untuk merundung temannya.

"Motif mereka sementara ini karena saling ejek, saling hasut antara pihak-pihak sehingga memicu bullying yang terjadi," kata Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak di Balai Kota Solo, Senin (17/8/2020).

Polisi sebelumnya sudah memeriksa delapan orang terduga pelaku. Mereka rencananya akan dipanggil kembali untuk diperiksa.

"Terduga pelaku tidak ditahan. Besok Selasa kita panggil lagi untuk pemeriksaan. Karena masih kelas 9 SMP, penanganan di Unit PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak)," kata dia.

Ade Safri mengatakan masih memproses kasus yang berawal dari video viral itu. Walaupun sebenarnya dari pihak korban maupun pelaku tengah melakukan mediasi.

"Infonya mediasi akan dilakukan kedua pihak. Tetapi kami tetap profesional, penyidik masih mendalami agar terang kasusnya," ujar dia.

Jika nantinya kedua pihak sepakat berdamai, hasil tersebut akan disampaikan kepada penyidik. Hal tersebut akan menjadi dasar kepolisian menentukan kelanjutan kasus.

"Mediasi harus berangkat dari dua pihak, jadi tidak bisa satu pihak saja. Nanti hasil dari mediasi pihak-pihak tersebut akan dibawa ke penyidik dan akan kita pelajari," tutupnya.

Seperti diberitakan, Terlihat dalam video berdurasi 30 detik itu, lokasi kejadian diidentifikasi terjadi di Alun-alun Kidul, Pasar Kliwon, Solo. Diketahui, peristiwa terjadi pada Senin (10/8) lalu.

Tampak korban tersebut dipaksa untuk berbicara sesuatu hingga disoraki para pelaku. Bahkan salah satu pelaku sampai menampar muka korban. Korban pun terlihat hendak menangis setelah menerima tamparan.

Lihat juga video 'Geger Pelajar di Bekasi Dipaksa Cium Kaki':

[Gambas:Video 20detik]




(bai/mbr)