5 Eks Napiter Ikuti Upacara HUT Ke-75 RI di Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 10:19 WIB
Eks napiter ikut upacara HUT ke-75 RI di Solo
Eks napiter ikut upacara HUT ke-75 RI di Solo. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia diperingati oleh seluruh lapisan masyarakat. Seperti di Solo, lima orang eks-narapidana teroris (napiter) mengikuti upacara bendera di balai kota.

Lima orang tersebut, di antaranya adalah Paimin, eks napiter asal Sragen yang terlibat perencanaan untuk meracuni petugas polisi. Kemudian Priyatmo alias Mamo, eks napiter asal Karanganyar yang terlibat penyelundupan senjata dari Filipina.

"Saya sejak di lapas sudah sering ikut upacara. Sejak di lapas memang sudah menyadari jalan yang saya pilih ini salah. Sekarang alhamdulillah bisa diterima oleh masyarakat," kata Paimin selepas upacara di Balai Kota Solo, Senin (17/8/2020).

Para eks-napiter tersebut merupakan binaan dari Badan Intelijen Negara (BIN). Kedatangan mereka merupakan simbol kembalinya mereka ke pangkuan ibu pertiwi.

"Selama ini minim informasi bahwa para eks-napiter ini sudah banyak yang kembali ke masyarakat. Bahkan mereka menjadi duta antiterorisme," kata Deputi Komunikasi dan Informasi BIN, Wawan Hari Purwanto dalam kesempatan yang sama.

Menurutnya, BIN terus melaksanakan program deradikalisasi kepada para eks-napiter. Salah satunya dengan memperbaiki taraf hidup mereka supaya tidak kembali ke kelompok radikal.

"Kita fokus memperbaiki taraf perekonomian mereka dengan berbagai kegiatan, seperti pengadaan latihan budidaya ikan," ucapnya.

Sementara Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan bahwa dirinya bersama-sama eks-napiter membentuk sebuah yayasan. Melalui yayasan tersebut pemerintah ikut memberdayakan perekonomian eks-napiter.

"Kita juga berharap BIN punya kantor di sini, sehingga tempat itu juga bisa digunakan pelatihan dan kegiatan positif lainnya. Bagi kami, sudah tidak ada lagi eks-napiter, yang ada masyarakat," tutupnya.

***

Rayakan kemerdekaan, tonton tayangan livestreaming Semangat Satu Indonesia di detik.com/semangatsatuindonesia

(bai/mbr)