Ganjar Beri Izin Tirakatan, Lomba 17 Agustus Hanya Boleh Virtual

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 19:54 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo
Foto: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (Angling/detikcom)
Semarang -

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mempersilakan masyarakat menggelar tradisi tirakatan jelang HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus nanti. Namun, Ganjar memberi syarat karena masih dalam masa pandemi virus Corona.

"Meski pandemi, tapi tidak apa-apa kalau masyarakat mau menggelar malam tirakatan. Yang penting jangan banyak-banyak orangnya dan harus mematuhi protokol kesehatan," kata Ganjar di rumah dinasnya, Jalan Gubernur Budiono, Semarang, Jumat (14/8/2020).

Ganjar menegaskan jika ingin menggelar tirakatan jumlah peserta wajib dibatasi. Dia memberi izin acara malam tirakatan karena merupakan tradisi mengungkapkan rasa syukur.

"Silakan tirakat di rumah masing-masing, atau di tempat ibadah masing-masing. Bisa di masjid, langgar, gereja, pura dan lainnya. Silakan, nggak papa," terangnya.

Ganjar juga mengajak masyarakat saat malam tirakatan untuk mendoakan agar panademi COVID-19 segera berakhir. Sehingga masyarakat bisa segera kembali beraktivitas seperti sedia kala.

"Yuk kita doa bersama, mendoakan bangsa ini agar ikhtiar lahir yang kita kerjakan itu mendapat energi dari ikhtiar batin atau spiritual. Mudah-mudahan pandemi ini lekas berlalu," ajaknya.

Meski tirakatan diizinkan, Ganjar tetap melarang lomba 17 Agustus. Jika memang ingin memeriahkan kemerdekaan dengan lomba, dia minta dilakukan secara virtual.

"Lomba-lomba nggak usahlah. Kalau mau lomba, yang virtual saja, agar tidak ada kerumunan dan tidak terlalu banyak bersentuhan. Kalau lomba seperti biasanya, itu risikonya tinggi, daripada menyesal kemudian, lebih baik jangan," pesan Ganjar.

(ams/rih)