Tirakatan di Jepara Dibolehkan, tapi Lomba 17 Agustus Tak Diizinkan

Dian Utoro Aji - detikNews
Kamis, 13 Agu 2020 16:39 WIB
Bupati Jepara Dian Kristiandi
Foto: Bupati Jepara Dian Kristiandi (Dok. Kominfo Jepara)
Jepara -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara, Jawa Tengah tidak melarang warga menggelar tirakatan pada malam peringatan HUT Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia. Namun, warga tetap tak diizinkan menggelar lomba untuk memeriahkan HUT RI tersebut.

"Setelah menerima berbagai masukan dan pertimbangan, kami mengizinkan malam tirakat dengan catatan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," kata Bupati Jepara Dian Kristiandi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/8/2020).

Andi mengatakan malam tirakat biasa berlangsung pada tanggal 16 Agustus, dan diikuti warga di tingkat RT, RW hingga tingkat desa. Kegiatan itu tidak dilarang karena masyarakat berkumpul sebagai ungkapan syukur atas kemerdekaan Indonesia.

"Seluruh masyarakat berkumpul sebagai ungkapan syukur karena mendapatkan anugerah kemerdekaan. Selain ajang silaturahmi, malam tirakat juga digunakan untuk memanjatkan doa kepada para pahlawan," paparnya.

Andi menyebut meski malam tirakatan diperbolehkan, masyarakat tetap dimintai tertib protokol kesehatan COVID-19. Di antaranya tetap menjaga jarak, memakai masker, dan melakukan pembatasan jumlah undangan.

"Kalau biasanya semua warga baik tua-muda, besar kecil diundang, saya harap besok yang diundang cukup kepala keluarga. Kemudian protokol kesehatan harus tetap dijaga. Jangan lupa saat ini kita sedang menghadapi wabah COVID-19. Semoga saja dengan doa kita bersama pandemi ini segera berakhir," pesan Andi.

Meski begitu, dia melarang perayaan lomba 17 Agustus tahun ini. Karena kegiatan ini berpotensi mengumpulkan massa dan berpotensi menjadi sarana penyebaran virus Corona atau COVID-19.

"Banyak jenis lomba yang mengharuskan warga saling berdekatan, bersenggolan sehingga tidak kami izinkan daripada berisiko terjadi penularan. Semoga masyarakat dapat memahami dan menahan diri," terang Andi.

(ams/rih)