Pilkades di Boyolali Batal Digelar 26 Agustus, Diundur Usai Pilkada

Ragil Ajiyanto - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 18:01 WIB
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Boyolali, Purwanto.
Foto: Kepala Dispermasdes Boyolali, Purwanto. (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap pertama di Boyolali yang rencananya bakal digelar 26 Agustus besok ditunda lagi. Pilkades ini pun bakal digelar seusai Pilkada Serentak 2020 mendatang.

"Sebetulnya Boyolali pada tanggal 26 Agustus ini akan mengadakan pemilihan kepala desa di 11 desa 7 kecamatan. Tetapi dengan adanya surat dari Mendagri nomor 141/4528/SJ terkait penundaan pemilihan kepala desa serentak maupun PAW (pemilihan Kades antar waktu), kita tetap ikut aturan dari Kemendagri," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Boyolali, Purwanto, ditemui usai rapat pelaksanaan Pilkades serentak di kantor Setda Boyolali, Selasa (11/8/2020).

"Karena akan ada sanksi apabila kita melanggar aturan dari Menteri, terkait dengan itu kami Pemerintah Kabupaten Boyolali, sepakat untuk menunda Pilkades ini sampai sehabis Pilkada," sambungnya.

Surat Mendagri tertanggal 10 Agustus 2020 itu perihal penundaan pelaksanaan Pilkades serentak dan Pilkades Antar Waktu (PAW). Purwanto menyebut penundaan pelaksanaan Pilkades serentak dan PAW ini berkaitan dengan kegiatan strategis nasional yaitu Pilkada serentak 9 Desember 2020. Seluruh pihak harus mendukung program ini termasuk pemerintah daerah.

"Karena ada acara strategis nasional yaitu Pilkada, sehingga perlu adanya penundaan terkait pelaksanaan Pilkades langsung maupun PAW. Juga tidak kalah pentingnya untuk pencegahan penyebaran COVID-19, kita harus tetap menjaga supaya tidak berkembang," jelas Purwanto.

Purwanto menyatakan pihaknya akan mengusahakan Pilkades serentak 11 desa tersebut dapat digelar di tahun 2020 ini. Dia juga akan menjadwalkan Pilkades seusai pelaksanaan Pilkada.

"Sebisa mungkin nanti kita usahakan pada tahun 2020. Tetapi sehabis Pilkada," terangnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2