Sultan Soal Sekolah Tatap Muka di Yogya: Jangan Dulu Lah!

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 17:20 WIB
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X
Foto: Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Pradito/detikcom)
Yogyakarta -

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, belum memperbolehkan sekolah di pembelajaran atau sekolah tatap muka. Menurutnya, kasus virus Corona atau COVID-19 di Yogyakarta masih fluktuatif.

"Ya saya belum tahu persis apakah kita kuning atau oranye, tapi jangan dulu lah, masih fluktuatif (kasus COVID-19 di DIY)," kata Sultan saat ditemui di depan Gedhong Pracimosono, Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Selasa (11/8/2020).

Sultan menyebut, apabila menyelenggarakan sekolah tatap muka maka perguruan tinggi yang terlebih dahulu melaksanakannya. Hal itu untuk meminimalisir risiko penyebaran COVID-19 bagi anak-anak.

"Biar kampus dulu buka lah, risikonya untuk anak- terlalu besar jadi (SMA/SMK) belakangan saja," ucapnya.

"Kita lebih baik memforsir untuk swab yang sekarang sudah terjadi dengan harapan kita punya kepastian lebih dahulu daripada coba-coba, risikonya terlalu besar," imbuh Ngarsa Dalem.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah menyampaikan kebijakan baru terkait pembelajaran pada masa pandemi COVID-19. Sekolah di zona kuning Corona bisa dilaksanakan secara tatap muka.

Hal itu disampaikan Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo dalam konferensi pers seperti disiarkan dalam akun YouTube Kemendikbud, Jumat (7/8). Doni mengatakan risiko di setiap daerah di Indonesia itu berbeda-beda.

Selanjutnya
Halaman
1 2