Desain Spanduk HUT Kemerdekaan RI Juga Diprotes di Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 21:20 WIB
Logo HUT ke-75 RI
Logo HUT ke-75 RI. (Foto: dok. ist)
Solo -

Desain spanduk HUT Kemerdekaan ke-75 RI yang resmi dikeluarkan oleh pemerintah pusat juga mendapatkan protes di Solo. Salah satu ormas di Solo menilai desain tersebut mirip seperti lambang salib.

Ormas tersebut sudah menyampaikan protesnya kepada Pemkot Solo beberapa waktu lalu. Spanduk tersebut terpasang di sejumlah titik di Kota Solo.

"Sudah kami sampaikan kepada Pemkot Solo agar sebaiknya mengganti desain spanduk tersebut dengan desain lainnya," kata perwakilan ormas, Endro Sudarsono, saat dihubungi detikcom, Senin (10/8/2020).

Dia melihat beberapa lokasi milik pemerintahan yang menggunakan spanduk berdesain mirip salib itu. Lokasinya antara lain di sekolah-sekolah hingga fasilitas publik.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Solo, Arif Darmawan, mengatakan bahwa Pemkot Solo sudah memiliki desain sendiri yang digunakan sebagai spanduk resmi HUT Kemerdekaan ke-75 RI. Spanduk itu hanya bergambar logo 75 tahun dan tulisan Indonesia Maju.

"Pak Wali Kota sudah sejak awal mengeluarkan surat edaran terkait spanduk resmi Pemkot. Jadi memang kami punya desain sendiri," kata Arif saat dihubungi detikcom, hari ini.

Terkait adanya sejumlah spanduk di gedung pemerintahan, harus mengatakan bahwa lokasi tersebut bukanlah milik Pemkot Solo. Seperti di SMA maupun di stasiun adalah aset dari pemerintah provinsi ataupun pemerintah pusat.

"Kami hanya bisa mengatur di gedung-gedung milik pemerintah kota. Kalau SMA, stasiun, terminal, itu kami sudah beri edaran juga, tetapi mau pakai yang mana terserah," ujar dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2