Guru Besar UGM Cornelis Lay Wafat, Jokowi Kirim Karangan Bunga

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 11:47 WIB
Suasana rumah duka Prof Cornelis Lay, Sleman, Rabu (5/8/2020).
Foto: Suasana rumah duka Prof Cornelis Lay, Sleman, Rabu (5/8/2020). (Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Sleman -

Guru Besar bidang Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Cornelis Lay meninggal dunia pagi tadi. Sosok yang akrab dengan kalangan aktivis tersebut menghembuskan napas terakhir di usia 61 tahun.

Pantauan detikcom di rumah duka Perum Cemara Blok F-13 Krodan RT 13 RW 71, Maguwoharjo, Depok, Sleman, pukul 11.00 WIB, nampak belasan karangan bunga sudah menghiasi gang masuk ke rumah duka. Karangan bunga itu dikirim oleh banyak tokoh.

Salah satunya merupakan karangan bunga dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Bpk Prof Dr Cornelis Lay, MA Presiden Joko Widodo & klg," tulisnya di karangan bunga itu.

Selain itu di sebelahnya tampak karangan bunga dari Mensesneg Paratikno dan terdapat pula dari Menkop UKM Teten Masduki. Selain itu, ada karangan bunga dari DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sleman.

Hingga saat ini, karangan bunga masih terus berdatangan ke rumah duka. Selain karangan bunga, beberapa pelayat pun juga nampak sudah datang ke rumah duka. Mereka diketahui merupakan kerabat almarhum ada mahasiswa maupun kerabat dari UGM.

Ketua RW 71 Agus (52), menjelaskan karangan bunga dari Presiden dan Mensesneg datang hampir bersamaan.

"Datang jam 10 tadi hampir bersamaan," kata Agus ditemui di rumah duka, hari ini.

Dia menjelaskan, jenazah akan disemayamkan semalam di rumah duka sebelum dikebumikan di Pemakaman UGM Sawitsari pada Kamis (6/8).

"Hari ini disemayamkan di rumah duka, nanti pukul 13.00 WIB, jenazah rencananya tiba di rumah duka," ucapnya.

Semasa hidupnya, dalam Pemilu Presiden 2014, Cornelis Lay dipercaya sebagai Ketua Tim Ahli dan Pakar Politik Tim Pemenangan dan Perumus Joko Widodo-Jusuf Kalla. Cornelis juga pernah ditunjuk untuk menyusun teks pidato kenegaraan Presiden Jokowi pada pelantikan 20 Oktober 2014 lalu.

Selanjutnya
Halaman
1 2