Ketua DPRD Jepara Meninggal Kena COVID-19, Siapa Calon Penggantinya?

Dian Utoro Aji - detikNews
Sabtu, 01 Agu 2020 17:14 WIB
Ketua DPRD Jepara Imam Zusdi Ghozali meninggal dunia
Foto: Ketua DPRD Jepara Imam Zusdi Ghozali meninggal dunia (dok. Setwan DPRD Jepara)
Jepara -

Ketua DPRD Jepara, Imam Zusdi Ghozali meninggal dunia dan terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19 pagi tadi. Jabatan Ketua DPRD Jepara akan diisi oleh pelaksana tugas (Plt).

"Ini sementara jabatan Ketua DPRD di Plt (pelaksana tugas) dulu," kata Sekwan DPRD Jepara, Trisno Santoso saat dimintai konfirmasi detikcom via telepon, Sabtu (1/8/2020).

Trisno mengatakan jabatan Plt Ketua DPRD akan diisi Wakil I yang saat ini dijabat dari PDIP. Posisi Plt ini akan diisi sembari menunggu usulan Ketua DPRD Jepara dari PPP.

"Ini nanti akan di Plt wakil ketua satu. Dari PDI Perjuangan, kan wakil satu (DPRD) dari PDIP. Sambil nunggu proses usulan ke gubernur," terang Trisno.

Dia menerangkan pengganti Imam Zusdi akan diusulkan oleh Fraksi PPP di DPRD Jepara. Usulan itu kemudian diproses Bupati Jepara sebelum dikirim ke Gubernur Jawa Tengah.

"Dari PPP akan mengusulkan (nama Ketua DPRD Jepara) ke Gubernur, dan nanti akan diproses pak bupati, dikirim ke gubernur. Kalau SK-nya (surat keputusan) turun dari gubernur nanti akan dilakukan pelantikan. Itu mekanisme, ada prosesnya," papar Trisno.

Sementara itu, Wakil Sekjen PPP Achmad Baidowi menerangkan proses penggantian Imam Zusdi sebagai anggota DPRD Jepara masih akan dibahas di internal partai. Saat ini, DPP akan menunggu nama yang diusulkan dari DPC PPP Jepara.

"Di internal proses pergantiannya harus persetujuan DPP, tapi sejauh ini belum membahas penggantinya karena masih suasana duka. DPC nnati mengajukan nama pengganti dari anggota DPRD fraksi PPP. Diajukan ke DPP melalui DPW," kata Baidowi lewat pesan singkat, sore ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2