Pembuang Bayi di Sleman Terungkap, Pelakunya Sepasang Mahasiswa

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 21:59 WIB
Bayi dibuang dengan disertai pesan khusus di Sleman
Bayi dibuang dengan disertai pesan khusus di Sleman, Rabu (29/7/2020). (Foto: Istimewa)
Sleman -

Polisi mengamankan sepasang kekasih yang diduga pelaku pembuangan bayi di Dusun Berjo Kulon, Desa Sidoluhur, Kecamatan Godean, Sleman, Rabu (29/7) kemarin.

Kasat Reskrim Polres Sleman, AKP Deni Irwansyah menjelaskan keduanya diamankan pukul 10.00 WIB di indekos wilayah Kasihan, Bantul.

"Petugas berhasil membekuk pelaku pembuangan bayi yang terjadi di Godean siang tadi pukul 10.00 WIB. Keduanya merupakan sepasang kekasih dan kami amankan di kos daerah Bantul. Saat ini diamankan di Polsek Godean," kata Deni saat dihubungi wartawan, Kamis (30/7/2020).

Deni melanjutkan bahwa kedua terduga pelaku berinisial K, laki-laki (21) warga Lampung dan perempuan A (20) warga Jember Jawa Timur. Pelaku merupakan seorang mahasiswa di perguruan tinggi di Yogyakarta.

"Ada dua pelaku, laki-laki inisial K dan perempuan inisial A, keduanya kami amankan karena dan saat ini masih dalam pemeriksaan Polsek Godean," jelasnya.

Deni menjelaskan, motif keduanya membuang bayi karena takut ketahuan orang tua jika telah melakukan hubungan terlarang hingga akhirnya hamil di luar nikah.

"Diduga motifnya, mereka takut ketahuan oleh orang tuanya telah punya anak padahal belum menikah," terangnya.

Deni menambahkan, saat ini keduanya masih dalam pemeriksaan. Status keduanya pun belum ditetapkan menjadi tersangka.

"Belum kami tetapkan sebagai tersangka karena kami masih melakukan pemeriksaan. Baru tertangkap tadi siang," ucapnya.

Sebelumnya, kejadian pembuangan bayi sedang marak akhir-akhir ini di wilayah Sleman. Kali ini terjadi lagi di wilayah Godean.

Kapolsek Godean, Kompol Paino membenarkan kejadian penemuan bayi di wilayah Godean. Diketahui bayi itu berjenis kelamin laki-laki.

"Iya benar, ada penemuan (bayi) di wilayah Dusun Berjo Kulon, Desa Sidoluhur, Kecamatan Godean, Sleman. Bayi laki-laki ini ditemukan dalam kondisi masih hidup di dalam sebuah kardus," kata Paino saat dihubungi wartawan, Rabu (29/7).

Paino mengungkapkan kondisi bayi tersebut diletakkan di kursi yang ada di halaman depan rumah milik Setiyo Sudarminto (68). Dari penuturan Setiyo, dia curiga saat melihat kardus yang digeletakkan di depan rumahnya.

"Sewaktu saksi (Setiyo) akan membersihkan depan rumahnya pukul 07.15 WIB, ia melihat kardus yang diletakkan di atas kursi dan selanjutnya kardus itu dibuka. Ternyata di dalam kardus itu sesosok bayi," urainya.

(rih/mbr)