Polisi: Pembunuhan Pasutri di Tegal Dipicu Cekcok Pembayaran Burung

Imam Suripto - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 21:44 WIB
Kapolres Tegal AKBP Muhamad Iqbal Simatupang, Kamis (30/7/2020).
Kapolres Tegal AKBP Muhamad Iqbal Simatupang, Kamis (30/7/2020). (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Kabupaten Tegal -

Pasangan suami istri (pasutri) di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Hendi (31) dan Citra (25) ditemukan tewas bersimbah darah di rumahnya pada Rabu (29/7). Pembunuhan ini diduga dilatarbelakangi urusan bisnis burung lovebird.

Kapolres Tegal AKBP Muhamad Iqbal Simatupang mengatakan, motif kasus pembunuhan mulai terungkap. Dugaan sementara, motif pembunuhan dilatarbelakangi kerja sama antara korban dengan pelaku. Keduanya terlibat dalam bisnis penangkaran atau budidaya burung lovebird.

"Pelaku merupakan rekan bisnis korban yang selama ini bekerja sama dalam usaha penangkaran burung lovebird," kata Iqbal kepada wartawan usai acara kunjungan Wakapolri di Tol Gate Brebes Timur, Kamis (30/7/2020).

Iqbal menambahkan, korban memberikan modal untuk investasi dalam usaha tersebut. Namun dalam perkembangannya, terjadi perselisihan soal bagi hasil.

"Ada kerja sama budidaya burung lovebird. Ada penanaman modal di situ. Kemudian ada keterlambatan pembayaran (bagi hasil) sehingga terjadi perselisihan," ungkapnya.

Akibat perselisihan ini, pelaku mendatangi rumah korban. Kedua pihak terlibat adu mulut yang berakhir dengan penganiayaan hingga menewaskan pasutri tersebut.

Sebelumnya, polisi terus mengusut kasus pembunuhan sadis pasutri Hendi Setiawan (31) dan Citra (25) di Kabupaten Tegal. Polisi berencana akan melakukan tes kejiwaan terhadap pelaku, pria berinisial AS yang sudah diamankan.

Iqbal mengatakan, pemeriksaan ini akan dilakukan untuk mengetahui kondisi kejiwaan pelaku.

"Nunggu (tes kejiwaan pelaku). Kita lihat dulu perkembangannya nanti," kata Iqbal, hari ini

Iqbal menambahkan, meski belum dilakukan tes kejiwaan, proses penyidikan kasus ini tetap berjalan. Saat ini pelaku masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Tegal.

(rih/mbr)