PKS Solo Jaring Calon Lawan Gibran, dari Ningrat hingga Jenderal

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 15:45 WIB
Logo PKS di Kantor DPP PKS, TB Simatupang
Ilustrasi. Foto: Logo PKS (Ari Saputra)
Solo -

PKS mengaku terus mencari jalan untuk melawan dominasi Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa di Pilkada Solo 2020. Mereka mulai menjaring calon-calon yang akan bersaing dengan pasangan jagoan PDIP itu.

Ketua DPD PKS Solo, Abdul Ghofar mengatakan sudah ada sejumlah nama yang melakukan komunikasi dengan PKS. Antara lain dari kalangan kerabat Keraton Kasunanan Surakarta.

Ada dua nama yang berasal dari kerabat keratoin, yakni Putri Woelan Sari Dewi dan Syailendra. Keduanya merupakan cucu dari mendiang Raja Keraton Kasunanan Surakarta, Susuhunan Pakubuwono XII.

"Ada Jeng Putri, Syailendra dari Keraton Kasunanan Surakarta. Masih sebatas komunikasi," kata Ghofar di Gedung DPRD Solo, Kamis (30/7/2020).

Selain itu ada nama-nama yang berasal dari Jakarta. Salah satunya ialah seorang jenderal purnawirawan. Namun Ghofar masih enggan menyebutkan namanya.

"Kemudian ada nama Minarni dan jenderal purnawirawan. Itu dari Jakarta, kami juga belum bertemu. Saya belum berani menyebutkan namanya. Tapi sepertinya tidak hanya berkomunikasi dengan PKS," kata dia.

Sebelumnya, PKS juga telah berkomunikasi dengan Achmad Purnomo yang gagal mendapatkan tiket Pilkada Solo dari PDIP. Namun Purnomo masih belum bersedia maju lewat PKS.

"Kalau pun nanti Pak Pur yang maju, kan butuh wakil. Ada juga yang datang ke kami bilang siap jadi wakilnya Pak Pur," ujar dia.

Namun PKS menyadari jumlah kursinya di DPRD tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan sendiri. Dia juga berkomunikasi dengan partai lain agar mau bergabung dengan PKS.

"Ini kan masih September, pertanyaan saya, partai-partai lain kok belum ada rekomendasi resmi mendukung Gibran. Dalam bacaan PKS berarti masih ada peluang buat kami," tutupnya.

(rih/mbr)