Ada-ada Aja! Pemuda di Jepara Ini Jual Brownis dan Kukis Berbahan Ganja

Dian Utoro Aji - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 13:34 WIB
Rilis pengungkapan kasus penjualan brownis ganja di Jepara
Foto: Rilis pengungkapan kasus penjualan brownis ganja di Jepara. (Dian Utoro Aji/detikcom)
Jepara -

Badan Narkotika Nasional (BNN) Jawa Tengah menangkap penjual ganja di Jepara. Modusnya pelaku membuat brownis dan kukis berbahan ganja.

"Ganja yang kita amankan sebesar 6,1 gram. Barang bukti masih kecil, tapi yang menarik kue dibuat dari ganja itu," kata Kepala BNN Jateng Brigjen Benny Gunawan saat jumpa pers di Mapolres Jepara, Jalan KS Tubun, Jepara Kamis (30/7/2020).

"Setelah kami kembangkan bersama Polres Jepara ternyata ganja ini didapat bungkusan, bungkusan ini dibungkus dalam aluminium foil dalam toples, terdapat dua paket brownis, dan tiga paket kukis," sambungnya.

Kasus ini terungkap saat ada informasi terkait pengiriman paket diduga narkotika. Paket tersebut dikirim dari Makasar ke Jepara.

"Kemudian tim gabungan, BNN, Bea Cukai dan, Polres Jepara bergerak cepat untuk melakukan operasi bersama. Tentunya intinya pengiriman dibawah pengawasan petugas (Bea Cukai Kudus)," jelasnya.

Dari situ petugas lalu menangkap seorang pelaku berinisial FES (24) pada Senin (27/7) pukul 12.38 WIB. FES ditangkap di Kelurahan Demaan, Kecamatan Jepara.

"Kemudian gabungan melakukan pengkajian setelah menerima paket tersebut, ternyata seketika dibuka Ganja sebesar 6,1 gram," ujar Benny.

Beny menyebut brownis dan kukis ganja itu dipasarkan lewat media sosial. Kepada petugas, pelaku mengaku memproduksi kue berbahan ganja sejak empat bulan lalu.

"Kue tersebut dipasarkan akun Instagram, dan dijual melalui Shopee itu cara pemasaran. Mereka melakukan selama empat bulan, paket akan dkirim sering dikirim Jakarta dan Semarang," ungkapnya.

Tonton video 'Dibuntuti dari Tol, Bandar Ganja Diringkus BNN Jabar':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2