Buktikan Besok! Cara Merebahkan Sapi Kurban dengan Mudah-Tak Menyakiti

Imam Suripto - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 10:50 WIB
Dinas Peternakan Kabupaten Brebes mengajarkan teknik merebahkan sapi kurban dengan mudah dan tanpa menyakiti, Kamis (30/7/2020).
Foto: Dinas Peternakan Kabupaten Brebes mengajarkan teknik merebahkan sapi kurban dengan mudah dan tanpa menyakiti, Kamis (30/7/2020). (Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Idul Adha 1441 H sudah di depan mata, kesibukan persiapan penyembelihan hewan kurban mulai tampak. Sebagai edukasi, Pemkab Brebes membagikan tips menjatuhkan hewan kurban dengan mudah tanpa menyakiti hewan tersebut.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Brebes, drh Ismu Subroto mengungkap, sapi kurban seberat hingga 1 ton bisa direbahkan hanya dengan seutas tali oleh satu orang. Teknik menjatuhkan sapi ini disebut Burlay.

"Teknik ini sangat mudah tanpa harus menyakiti. Sapi akan jatuh tanpa harus sakit. Petugas kami akan keliling tempat pemotongan seperti di masjid-masjid untuk memberikan pengetahuan pada para panitia kurban," ujar Ismu Subroto di RPH Limbangan Wetan kepada wartawan usai apel siaga jelang Idul Adha, Kamis (30/7/2020).

Ismu menilai tidak banyak yang tahu cara merobohkan sapi untuk sembelihan kurban saat akan dipotong atau disembelih. Sehingga, lanjut Ismu, tidak jarang hewan kurban tersiksa karena ikatan tali pada kaki dan terbanting saat direbahkan.

Teknik ini, jelas Ismu, hanya menggunakan tali sepanjang minimal 10 meter. Caranya yakni dengan melilitkan tali simpul pada badan sapi.

Tonton video 'Imbauan Menag untuk Pelaksanaan Idul Adha di Masa Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]





Selanjutnya: Cara Menjatuhkan...

Selanjutnya
Halaman
1 2