Penemu Ungkap Lokasi Puluhan Kg Emas di Klaten Tanahnya Terasa Panas

- detikNews
Rabu, 29 Jul 2020 14:17 WIB
Foto benda-benda emas yang ditemukan di Klaten pada 1990.
Foto benda-benda emas yang ditemukan di Klaten pada 1990 yang dipajang di Rumah Situs Wonoboyo. (Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Salah seorang penemu puluhan kilogram perhiasan emas di Desa Wonoboyo, Klaten pada 1990 silam, Surip (70) mengungkap cerita unik di balik peristiwa itu. Dia bercerita saat itu tanah di sekitar lokasi penemuan emas itu terasa panas.

"Tapi tanahnya (yang diambil di lokasi temuan emas) panas. Tanahnya pasir halus kemerahan lalu saya taruh (di) halaman (rumahnya)," ujar Surip kepada detikcom, Selasa (29/7/2020).

Dia bercerita saat itu dia menggunakan empat gerobak tanah yang diambil dari sekitar lokasi penemuan itu. Namun karena akhirnya dia merasakan tanah tersebut panas, dia tak melanjutkan menggunakan tanah itu untuk menguruk lantai rumahnya.

"Kalau batu-batu ditumpuk di dekat jalan tapi sekarang sudah remuk," lanjut Surip.

Tanah berpasir itu, sambung Surip, tidak hanya ada di lokasi temuan puluhan kilogram emas. Namun, titik di sebelah utara titik temuan juga berupa pasir.

"Sawah ke arah Desa Dompyongan itu ditemukan beberapa kayu jati tertimbun tanah. Mungkin hutan kena lahar letusan Gunung Merapi," tutur Surip.