Golkar Gabung PDIP Usung Petahana di Pilkada Sragen

Andika Tarmy - detikNews
Selasa, 28 Jul 2020 20:17 WIB
Rapat Koordinasi dan Penjelasan Pilkada 2020 di kantor DPD II Partai Golkar Sragen, Selasa (28/7/2020).
Rapat Koordinasi dan Penjelasan Pilkada 2020 di kantor DPD II Partai Golkar Sragen, Selasa (28/7/2020). (Foto: Andika Tarmy/detikcom)
Sragen -

Partai Golkar akhirnya menjatuhkan pilihannya kepada bupati petahana Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan pasangannya Suroto, untuk diusung dalam Pilkada Sragen 2020. Golkar berharap dukungan ini memuluskan langkah pasangan Yuni-Suroto untuk memenangkan pilkada tanpa pesaing alias melawan kotak kosong.

"DPP Partai Golkar mengarahkan dukungannya ke pasangan Yuni-Suroto. Maka kita komunikasikan kepada DPD Golkar Sragen agar memahami situasi seperti ini. Selanjutnya mohon di-support karena DPP sudah memberikan keputusan mendukung Yuni-Suroto," ujar Sekretaris DPD I Partai Golkar Jawa Tengah, Juliyatmono, ditemui wartawan usai menghadiri Rapat Koordinasi dan Penjelasan Pilkada 2020 di kantor DPD II Partai Golkar Sragen, Selasa (28/7/2920).

Keputusan yang diambil partai berlambang pohon beringin ini terbilang mengejutkan, pasalnya dalam beberapa kesempatan Partai Golkar menyatakan komitmennya untuk menantang petahana dalam Pilkada mendatang. Menanggapi hal ini, Juliyatmono mengakui partainya sempat menyiapkan seorang pengusaha bernama Sukiman, sebagai bakal calon bupati untuk menantang pasangan petahana.

"Sejak awal Maret, DPP sudah menugaskan Pak Sukiman untuk melakukan komunikasi. Untuk mencari kemungkinan berpasangan dengan siapa, karena Golkar Sragen tidak bisa mengusung (calon) sendiri. Artinya memberikan keleluasaan kepada Pak Sukiman, surat tugas sudah diberikan," kata Yuli, panggilan akrab Juliyamono.

Selain mencari pasangan, Partai Golkar juga menugaskan Sukiman untuk mencari partai yang mau diajak berkoalisi. Partai Golkar Sragen sendiri masih membutuhkan tiga kursi untuk memenuhi ambang batas mengusung calon sendiri. Namun hingga kini, Sukiman belum bisa memberikan kepastian terkait penugasan tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2