Jumlah Positif COVID-19 di Karanganyar Jadi 122 Kasus

Andika Tarmy - detikNews
Rabu, 22 Jul 2020 20:02 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi COVID-19 atau virus Corona (Edi Wahyono)
Karanganyar -

Kasus COVID-19 di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah hari ini bertambah tiga orang menjadi 122 kasus. Dengan rincian pasien sembuh sebanyak 68 orang, dan empat pasien COVID-19 meninggal dunia.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Karanganyar hari ini dilaporkan ada tiga penambahan kasus positif COVID-19 menjadi 122 kasus. Dari jumlah itu 40 pasien di antaranya menjalani rawat inap, 10 pasien menjalani isolasi mandiri, pasien sembuh sebanyak 68 orang, dan empat orang pasien meninggal dunia.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 masih menggunakan istilah pasien dalam perawatan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP). Rinciannya 22 PDP COVID-19, dan delapan ODP COVID-19. Dalam kurun sebulan terakhir terdapat lonjakan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 terhitung sejak awal Juli.

"Data tersebut benar, memang terjadi lonjakan kasus COVID-19. Terutama dimulai awal Juli," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar, Purwanti saat dihubungi detikcom, Rabu (22/7/2020).

Purwanti menerangkan, lonjakan kasus tersebut didominasi oleh banyaknya tenaga kesehatan (nakes) yang terkonfirmasi positif COVID-19. Dari catatan dinas, separuh tambahan kasus berasal dari tenaga kesehatan.

"Tambahan ini didominasi nakes. Sampai sekarang setidaknya ada 43 nakes yang positif. Semuanya bekerja di Solo dan Sukoharjo, jadi di Karanganyar sampai sekarang belum ada klaster lokal," terangnya.

Bupati Karanganyar Juliyatmono, Rabu (22/7/2020).Bupati Karanganyar Juliyatmono, Rabu (22/7/2020). Foto: Andika Tarmy/detikcom

Menyikapi lonjakan ini, Bupati Karanganyar Juliyatmono langsung menggelar rapat tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Karanganyar, bersama instansi terkait. Juliyatmono mengisyaratkan pengetatan protokol kesehatan untuk menekan lonjakan kasus yang lebih besar.

"Menyikapi pertambahan kasus COVID-19 yang cukup signifikan, kita tentu prihatin. Upaya-upaya terus dilakukan, kita ingin lebih masif lagi menyosialisasikan bagaimana pencegahannya," ujar Yuli, panggilan akrabnya, ditemui wartawan usai rapat di rumah dinas Bupati Karanganyar.

Selanjutnya
Halaman
1 2