Maju Pilkada 2020, Sekda Sukoharjo Ajukan Pensiun Dini

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 20 Jul 2020 19:34 WIB
Pasangan Etik Suryani-Agus Santosa diusung PDIP di Pilkada Sukoharjo
Foto: Pasangan Etik Suryani-Agus Santosa diusung PDIP di Pilkada Sukoharjo 2020 (dok. Ist)
Sukoharjo -

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Sukoharjo, Agus Santosa ditunjuk oleh PDIP menjadi bakal calon Wakil Bupati Sukoharjo mendampingi Etik Suryani dalam Pilkada 2020. Sebagai tindak lanjut, Agus kini telah mengajukan pensiun dini.

Agus mengatakan telah mempersiapkan berkas pensiun dini sejak proses penjaringan di internal PDIP berlangsung. Setelah resmi terpilih, dia langsung menyerahkan pengajuan pengunduran diri.

"Sudah saya ajukan (pensiun dini). Karena golongan IV, nanti sampai ke Sekretariat Negara," kata Agus kepada wartawan, Senin (20/7/2020).

Surat pengajuan pensiun dini itu, menurutnya akan diproses sekitar satu bulan lamanya. Selama itu, Agus tetap bekerja seperti biasa.

"Kalau ASN kan sudah diatur, nonaktifnya setelah SK pensiun diterima. Sekarang masih seperti biasa. Mungkin prosesnya dua minggu atau satu bulan," terangnya.

Agus meyakini pengajuan pensiunnya diterima. Sebab dirinya telah memenuhi persyaratan untuk pensiun dini.

"Yang jelas syarat untuk pensiun atas permintaan sendiri itu sudah memenuhi syarat. Masa kerja 20 tahun dan usia 50 tahun itu boleh. Saya 56 tahun, masa kerja 35 tahun. Jauh melebihi syarat," kata Agus.

Diberitakan sebelumnya, DPP PDIP telah memutuskan memilih istri Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, yaitu Etik Suryani dan Agus Santosa yang kini masih menjabat Sekretaris Daerah Sukoharjo. Etik-Agus yang kerap disingkat EA juga mengalahkan cukup banyak pesaing sesama PDIP, di antaranya Purwadi yang kini menjabat Wakil Bupati Sukoharjo dan sejumlah tokoh lain.

Tonton video 'Jaksa Agung Pelototi Kampanye Hitam-Politik Uang di Pilkada 2020':

(rih/ams)