Istri Bupati dan Sekda Jadi Jagoan PDIP di Pilkada Sukoharjo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Sabtu, 18 Jul 2020 10:06 WIB
Pasangan Etik Suryani-Agus Santosa diusung PDIP di Pilkada Sukoharjo
Foto: Pasangan Etik Suryani-Agus Santosa diusung PDIP di Pilkada Sukoharjo (dok. Ist)
Sukoharjo -

DPP PDIP telah membagikan tiket Pilkada Serentak 2020 ke sejumlah daerah. Di Pilkada Sukoharjo, PDIP memutuskan mengusung istri Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Etik Suryani dan Agus Santosa yang kini masih menjabat Sekretaris Daerah Sukoharjo.

Etik-Agus yang kerap disingkat EA juga menghadiri pengumuman rekomendasi di kantor DPD PDIP Jawa Tengah, Semarang, Jumat (17/7) kemarin. Pasangan ini mengalahkan cukup banyak pesaing di internal PDIP, di antaranya Purwadi yang kini menjabat Wakil Bupati Sukoharjo.

Wardoyo Wijaya yang juga menjabat Ketua DPC PDIP Sukoharjo, mengatakan kader sudah solid memenangkan EA. Dia mengakui selama rekomendasi belum turun, suara kader sempat terpecah.

"Setelah rekomendasi keluar, semua kader satu suara. Semua satu komando, tunduk kepada partai," kata Wardoyo kepada wartawan, Sabtu (18/7/2020).

Menurutnya, perbedaan suara selama ini wajar terjadi. Sebab masing-masing bakal calon menginginkan rekomendasi dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Sebelum ada rekomendasi, ada euforia, semua mencari dukungan. Tapi itu tidak apa-apa, karena sama-sama mencari rekomendasi," ujar Wardoyo.

Wardoyo menargetkan kemenangan telak di Pilkada Sukoharjo akhir tahun nanti. Target suara diharapkan mencapai 75 persen.

"Perolehan suara saya targetkan 75-80 persen. Karena kami sudah turun sejak lama, bahkan selama COVID-19," tutupnya.

(bai/ams)