Kisah Temuan Harta Karun Puluhan Kilogram Emas dan Perak di Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Minggu, 19 Jul 2020 15:40 WIB
Foto perhiasan emas temuan di rumah situs Wonoboyo, Klaten, Minggu (19/7/2020).
Foto: Foto tas emas yang dipajang di rumah situs Wonoboyo, Klaten, Minggu (19/7/2020). (Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Penemuan puluhan kilogram perhiasan emas dan perak di Desa Wonoboyo, Kecamatan Jogonalan, membuat heboh warga Klaten pada Oktober 1990 silam. Seperti apa kesaksian para penemunya?

"Ada empat guci saat itu yang kami temukan. Isinya perhiasan berbagai bentuk terbuat dari emas dan perak, beratnya sekitar 37-38 kg seluruhnya," kata salah seorang warga yang menemukan benda-benda itu, Widodo (58) saat berbincang dengan detikcom di rumahnya, Klaten, Jumat (17/7).

Widodo mengatakan, saat itu hari Rabu Pon tapi dia lupa tanggal persisnya. Dia bersama lima orang tetangganya menggali tanah di sawah barat sungai untuk keperluan tanah uruk. Hingga akhirnya pada kedalaman sekitar 3 meter, cangkul salah seorang di antara mereka membentur benda keras.

"Kami menggali tanah untuk uruk tapi guci kena cangkul sekitar kedalaman 3 meter. Ternyata setelah dikeruk ada 4 guci tingginya sekitar 30 cm," jelas Widodo.

Karena takut, sambung Widodo, mereka saat itu bersepakat untuk melaporkan temuannya itu ke balai desa. Guci yang diduga berbahan tembaga itu dibuka di balai desa.

Foto perhiasan emas temuan di rumah situs Wonoboyo, Klaten, Minggu (19/7/2020).Foto harta karun yang dipajang di Rumah Situs Wonoboyo, Klaten, Minggu (19/7/2020). (Achmad Syauqi/detikcom)

"Ditemukan jam 12.00 WIB. Dibawa ke balai desa, sebentar lalu adzan zuhur saat itu," lanjut Widodo.

Isi empat guci itu, ujar Widodo, ternyata perhiasan emas dan perak berbagai jenis dan bentuk. Tak hanya perhiasan tapi ada juga mangkuk emas.

"Bentuknya mulai gelang, kalung, mangkuk, tas, koin kecil-kecil dan lainnya banyak dari emas dan perak semua. Semua dibawa petugas cagar budaya," sambung Widodo.

Dari 6 orang penemu, dua orang warga yang menemukan benda-benda itu kini telah meninggal dunia.

Tonton video 'Arkeolog Temukan Harta Karun dari Kapal Yunani Kuno':