Bikin Kaget! Ada Kelelawar Oranye Nyelonong ke Rumah Warga Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Sabtu, 18 Jul 2020 12:28 WIB
Kelelawar oranye bikin kaget warga Klaten
Foto: Kelelawar oranye bikin kaget warga Klaten (Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Seekor kelelawar berwarna oranye dengan corak hitam di sayap bikin kaget warga di Dusun Salak, Desa Kurung, Kecamatan Ceper, Klaten. Kelelawar itu ditangkap saat nyelonong masuk ke rumah warga.

"Awalnya saya kira burung atau kupu tetapi ternyata kelelawar. Kaget lagi warnanya oranye," terang Anto Wibowo (35) saat ditemui detikcom di rumahnya Dusun Salak, Desa Kujon, Klaten, Sabtu (18/7/2020).

Anto menuturkan kelelawar oranye itu mulanya ditemukan anaknya Naufal (9). Kelelawar itu lalu dia tangkap dengan kain dengan cara dilempar ke kelelawar berwarna unik itu.

Setelah tertangkap, kelelawar itu ternyata memiliki panjang sayap 15 cm dengan panjang 5 cm. Matanya merah mirip albino.

"Bentuknya kelelawar biasa cuma warnanya didominasi oranye. Telinga lebar dan bulu oranye menutup seluruh wajah," sambung Anto.

Kelelawar oranye bikin kaget warga KlatenFoto: Naufal dan kelelawar oranye yang kini jadi peliharaannya (Achmad Syauqi/detikcom)

Dia menyebut kelelawar itu termasuk aneh. Sebab, dia belum menemukan kelelawar lain di sekitar rumahnya yang berwarna oranye.

"Kelelawar biasa saja tidak ada di sekitar rumah saya. Ini malah ada warnanya oranye," tambah Anto.

Kelelawar itu ditemukan pada Jumat (17/7) pagi sekitar pukul 09.00 WIB. Kala itu, Naufal sedang belajar saat kelelawar itu tiba-tiba masuk ke kamar tidurnya.

"Saya kira burung lalu saya kejar terbang ke kamar tamu. Baru tahu kelelawar lalu saya lapor bapak," lanjut Naufal.

(ams/ams)