Soal Solo Zona Hitam Corona, FX Rudy Sebut 25 Nakes Positif Jadi Goncangan

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 20:24 WIB
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, kembali menarik perhatian warganet. Kali ini Rudy bikin heboh karena kenakan masker bergambar kumis yang mirip dengan wajahnya
Walkot Solo FX Hadi Rudyatmo (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Sementara itu, hari ini Gubernur Ganjar Pranowo menyampaikan keheranannya terkait penyebutan Solo zona hitam Corona. Ganjar menyebut penanganan kasus nakes positif Corona di RSUD dr Moewardi Solo sudah dilakukan dengan isolasi, tracing, dan tes PCR.

"Jarene sapa (kata siapa)? Yang ngomong zona hitam siapa? Saya juga heran, mungkin itu penilaian pengamat yang bilang begitu, atau ada yang lagi benci. Soalnya yang terjadi dan kita kontrol saat ini di Solo ya di RSUD Moewardi dan UNS, itu saja," kata Ganjar saat ditanya wartawan soal zona hitam Solo, Selasa (14/7).

Terpisah, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Solo mengaku keterbatasan sumber daya manusia (SDM) untuk mengawasi kasus Corona. Kekurangan SDM ini pun menjadi kendala.

"Untuk pengawasan, karena kita keterbatasan SDM ya. Kita hanya bisa mengandalkan gugus tugas. Mungkin nanti lebih banyak melibatkan Linmas juga," kata Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Solo, Ahyani kepada wartawan, Selasa (14/7).

Selain kekurangan SDM, gugus tugas juga menyampaikan sejumlah tempat di Solo sudah mulai ramai lagi. Selain itu, masih banyak orang dari luar Solo yang datang ke Solo.

"Kalau ruang publik pengendaliannya repot, karena tidak hanya dari Solo saja. Jadi nanti kembali ke awal, diimbau tidak makan di tempat. Kalau makan di tempat harus betul-betul mematuhi protokol kesehatan," ujar Ahyani.


(ams/rih)