Hari Pertama Sekolah di Klaten, Sosialisasi Protokol Corona ke Siswa-Ortu

Achmad Syauqi - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 11:56 WIB
Hari pertama sekolah di SDN 2 Delanggu, Klaten, Senin (13/4/2020).
Foto: Suasana hari pertama sekolah di SDN 2 Delanggu, Klaten, Senin (13/4/2020). (Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Hari pertama sekolah tahun ajaran baru 2020/2021 di Klaten diisi dengan masa orientasi sekolah (MOS) atau masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). Masa orientasi siswa diisi dengan sosialisasi protokol kesehatan terkait pandemi virus Corona atau COVID-19 yang diikuti para murid dan walinya.

"Ini hari pertama diisi dengan MOS tapi cuma sehari. Diisi penjelasan tentang pola hidup bersih sehat (PHBS) dan protokol kesehatan COVID," kata salah seorang guru SDN 2 Delanggu, Kecamatan Delanggu, Siti Sulistyowati kepada detikcom di kantornya, Senin (13/7/2020).

Menurut Siti, siswa dan orang tua atau walinya dihadirkan di sekolah pada hari pertama sekolah saat ini.

"Kita hadirkan orang tua untuk diberikan penjelasan. Sebab orang tua harus memberikan pendampingan di rumah untuk PHBS harus," lanjut Siti.

Sedangkan proses belajar-mengajar selanjutnya akan tetap dilaksanakan secara dengan online. Namun, lanjut Siti, untuk keperluan tertentu sekolah tetap mengundang orang tua.

"Untuk keperluan tertentu tetap menghadirkan orang tua. Untuk pengambilan buku misalnya, tetap harus orang tua," tuturnya.

Pantauan detikcom di SDN 2 Delanggu, pagi ini, selain orang tua siswa baru kelas 1 juga data ke sekolah. Orang tua diberikan pengarahan di ruang terpisah dengan para siswa.

Siswa baru sebanyak 29 orang ditempatkan di ruang terpisah yang dibagi dalam 3 kelas. Mereka juga diterapkan protokol virus Corona di antaranya jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dan lainnya.

Setelah diberi materi PHBS dan protokol kesehatan oleh guru, para siswa baru diminta berbaris di halaman. Siswa diminta berjemur dan diberikan pemahaman PHBS.

Selanjutnya
Halaman
1 2