Ketua DPRD Rembang Putra Mbah Moen Wafat, Setda: Sempat Berstatus PDP

Arif Syaefudin - detikNews
Minggu, 12 Jul 2020 22:12 WIB
Gus Kamil dijagokan dampingi Sudirman Said maju Pilgub Jateng
Ketua DPRD Rembang, Majid Kamil atau Gus Kamil, Jumat (5/1/2017). (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Rembang -

Ketua DPRD Rembang, Majid Kamil MZ meninggal dunia pada Minggu (12/7/2020) sekitar pukul 19.50 WIB. Gus Kamil, sapaan akrabnya, disebut sempat berstatus sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 atau virus Corona.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setda Rembang, Arif Dwi Sulistya menyebut, Gus Kamil beberapa hari yang lalu dirawat di ruang ICU RSUD dr R Soetrasno Rembang.

"Memang Gus kamil dirawat di RSUD. Sebelumnya statusnya yang saya tahu PDP," ujar Arif kepada detikcom melalui pesan WhatsApp, Minggu (12/7/2020).

Arif menyebut, hingga saat ini pihak RSUD dr R Soetrasno Rembang masih berkoordinasi dengan pihak keluarga terkait pemakaman jenazah Gus Kamil.

"Hingga saat ini pihak RS masih koordinasi dengan keluarga Gus Kamil, terkait teknis pemakaman. Kalau memang malam ini siap, malam ini juga dimakamkan," imbuhnya.

Majid Kamil MZ merupakan Ketua DPRD Kabupaten Rembang, juga menjabat sebagai Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Rembang.

Gus Kamil merupakan putra ketiga dari mendiang KH Maimoen Zubair atau yang akrab disapa Mbah Moen, dan kakak dari Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen. Ia pun saat ini juga menjadi salah satu pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang.

Sebelumnya, kabar meninggalnya Gus Kamil dibenarkan oleh Wakil Bupati Rembang, Bayu Andriyanto. Ia mengaku telah mendapatkan kabar secara langsung dari Direktur RSUD Rembang, Agus Setyo Hadi.

"Kami dapat kabar dari Direktur RSUD, 3 menit lalu Gus Kamil dinyatakan meninggal dunia dalam perawatan di RSUD," kata Bayu kepada detikcom, Minggu (12/7/2020) malam.

Tonton video 'Update Covid-19 RI 12 Juli: 35.638 Orang Sembuh, 3.606 Wafat':

(rih/rih)