Makamnya Dibongkar untuk Diambil Bekal Kuburnya, Siapa Itu Orang Kalang?

Febrian Chandra - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 22:01 WIB
Benda-benda bekal kubur orang Kalang yang diamankan petugas
Foto: Benda-benda bekal kubur orang Kalang yang diamankan petugas (Febrian Chandra/detikcom)
Blora -

Belasan orang diamankan Polsek Tunjungan, Blora, Jawa Tengah, saat membongkar makam-makam kuno orang Kalang di kawasan hutan Nglawungan untuk mengambil bekal yang disertakan saat pemakaman. Siapa itu orang Kalang?

Saat dihubungi, staf Kepurbakalaan Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora, Lukman, mengatakan makam kuno di Tunjungan itu adalah makam orang Kalang. Tidak hanya di wilayah hutan Nglawungan, Desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan saja situs makam batu kuno ada, namun hampir menyebar di 16 kecamatan di Kabupaten Blora.

"Hampir merata di 16 kecamatan ada ditemukan makam batu manusia kuno. Makam-makam tersebut adalah makam manusia Kalang," kata Lukman kepada detikcom, Rabu (8/7/2020).

Lukman menjelaskan, orang Kalang ini adalah kelompok manusia yang hidup di Jawa pada masa prasejarah, sebelum pengaruh Hindu masuk ke Jawa. Mereka tergolong maju di zamannya.

Pada Festival Budaya Kalang tahun 2017 di Tuban, Jawa Timur, para arkeolog dan sejarawan yang hadir menyimpulkan hasil dari temuan dan fakta-fakta yang ada, kubur-kubur kuno seperti yang ada di Desa Bleboh, Kecamatan Jiken, Blora adalah peninggalan sejarah dan kebudayaan dari orang Kalang.

Para ahli menyebut menyebut orang Kalang adalah penduduk asli yang menghuni kawasan cukup luas dari Blora, Rembang, Bojonegoro, Tuban dan sekitarnya. Mereka memiliki peradaban tinggi pada zamannya. Salah satu ciri kelompok ini adalah membekali orang meninggal dengan harta benda bersamaan dengan penguburannya.

"Kubur-kubur itu memiliki budaya berbeda dengan budaya Hindu. Kuburannya membujur timur ke barat dan tersusun dari batu," jelas Lukman.

Selanjutnya
Halaman
1 2