Bicara Kriteria Menteri, Amien Rais: Saya Tak Sedikitpun Jagokan Seseorang

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 04 Jul 2020 09:46 WIB
Politikus senior PAN Amien Rais bertandang ke gedung DPR. Dia menjadi pembicara dalam sebuah diskusi tentang DPT Pemilu 2019.
Amien Rais saat di Gedung DPR, Jakarta tahun lalu. Foto: Rengga Sancaya
Yogyakarta -

Amien Rais kembali bicara soal isu reshuffle dan video kemarahan Presiden Joko Widodo kepada para menterinya. Dalam pernyataan itu, Amien Rais mengatakan bukan sedang menjagokan seseorang.

"Jadi saya mengharapkan jangan sampailah pemerintahan Jokowi ini rontok sebelum waktunya. Karena itu, kalau memang mau reshuffle, saya tidak ada sedikitpun ya, 'jangan-jangan Pak Amien menjagokan seseorang', tidak, sama sekali," kata Amien Rais melalui video yang diunggah di akun Instagram miliknya @amienraisofficial, Jumat (4/7).

Amien sempat mengajak membayangkan kondisi buruh saat ini yang wajahnya kelihatan kosong. Ketika para buruh berdemo, kata Amien Rais, juga terlihat tatapan pandangan yang kosong.

Padahal kalau harapan kosong, jadi hidup yang kosong juga," ujarnya.

Di awal video, Amien Rais menjawab pertanyaan lawan bicaranya yang bertanya tentang reshuffle Kabinet Jokowi dan kriteria menteri. Amien Rais menyampaikan pesan tentang seseorang yang ketika mendapat posisi atau amanat untuk mengelola sebuah bidang kehidupan, harus bergantung pada niatnya.

Dia melihat, kelemahan kabinet Jokowi di periode kedua ini yakni ada banyak menteri yang tak paham betul dengan kehidupan rakyat yang kembang kempis. Amien Rais menyinggung menteri yang disebutnya kurang mementingkan kepentingan bangsa.

"Mereka itu kan kehidupannya seperti di angkasa luar ya, artinya selalu enak ya. Di zona comfort istilahnya orang sekarang itu, apapun dia bisa lakukan, ke luar negeri berkali-kali, makan enak di restoran-restoran yang mahal, menginap di Five Star Hotel, dan lain-lain. Tiba-tiba direkrut jadi menteri-menteri yang mestinya mementingkan kepentingan bangsanya, rakyatnya terlebih dahulu dari kepentingan dirinya sendiri. Saya lihat itu tidak terjadi," ujar Amien Rais.

Selanjutnya
Halaman
1 2