Polisi Magelang Pengadopsi Bocah Al Rayyan Diganjar Pin Emas Kapolri

Eko Susanto - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 21:34 WIB
Aipda Donny Sugiyarto menerima Pin Emas Kapolri di Polda Jateng, Rabu (1/7/2020).
Aipda Donny Sugiyarto menerima Pin Emas Kapolri di Polda Jateng, Rabu (1/7/2020). (Foto: Dokumentasi Aipda Donny Sugiyarto)

Donny juga terpilih sebagai 10 besar Bhabinkamtibmas berprestasi tingkat nasional dan mendapatkan kesempatan belajar dengan JICA Jepang di Mabes Polri tahun 2019. Donny juga termasuk salah satu polisi yang peduli terhadap pendidikan. Dia memodifikasi sepeda motor dinasnya dengan memasang gerobak yang berisi buku dan mainan anak-anak.

"Jadi saya ke desa-desa, tiap hari keliling. Kan anak-anak sudah pada nggak sekolah ini, nah bagi saya daripada mainan HP, saya samperin mereka terus saya bawain buku cerita, mainan anak-anak. Kadang saya yang nyeritain langsung, dongeng. Alhamdulillah dapat apresiasi dari masyarakat, dari orang tua, akhirnya saya tembus dapat Pin Emas Kapolri ini," tuturnya yang tinggal di Dusun Ngleses, Desa Candimulyo, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang itu.

Sedianya, penyerahan penghargaan Pin Emas Kapolri akan berlangsung di Jakarta. Namun karena pandemi virus Corona (COVID-19), penyerahan dilangsungkan di Polda Jateng yang secara simbolis diberikan Kapolda Jateng Irjen Ahmad Lutfi.

Atas penghargaan Pin Emas Kapolri tersebut, Donny sangat bersyukur dan berterima kasih. Penghargaan itu menjadi motivasi agar lebih baik lagi dalam bertugas melayani masyarakat sebagai Bhabinkamtibmas.

Aipda Donny Sugiyarto menerima Pin Emas Kapolri di Polda Jateng, Rabu (1/7/2020).Aipda Donny Sugiyarto menerima Pin Emas Kapolri di Polda Jateng, Rabu (1/7/2020). Foto: Dokumentasi Aipda Donny Sugiyarto

"Saya sangat bersyukur sekali, bangga tentunya dan bisa menjadi motivasi buat saya dan rekan-rekan agar lebih bersemangat dalam melaksanakan tugas melayani masyarakat," ujarnya.

"Terima kasih semoga dengan Pin Emas Kapolri ini, kerja saya lebih semangat, lebih istikamah lagi dan bisa lebih bermanfaat di tengah-tengah masyarakat," pungkasnya.

Terpisah, Kapolres Magelang AKBP Ronald Ardiyanto Purba juga memberikan hadiah kepada Aipda Donny berupa umroh.

"Kemarin juara satu polisi teladan tingkat Jawa Tengah. Ya kami beri hadiah pribadi untuk berangkat umroh," kata Ronald kepada wartawan usai upacara Hari Bhayangkara ke-74 secara virtual di Mapolres Magelang, siang tadi.

Menurut Ronald, Aipda Donny memilik banyak ide kreatif untuk memberikan sumbangsih bagi masyarakat. Selain itu, banyak terobosan-terobosan yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah. Dia pun berharap para personel di Polres Magelang untuk selalu berlomba-lomba berbuat kebaikan.

Halaman

(rih/ams)