DetikNews
Jumat 09 Maret 2018, 19:36 WIB

Rayyan yang Dulu Rawat Ibunya Sendirian, Kini Dirawat Dua Keluarga

Pertiwi - detikNews
Rayyan yang Dulu Rawat Ibunya Sendirian, Kini Dirawat Dua Keluarga Foto: Pertiwi/detikcom
Magelang - Bocah SD yang viral merawat ibunya seorang diri, Al Rayyan Dikri Nugraha (10), tengah diliputi duka setelah ibunya meninggal dunia, Kamis (8/3/2018) kemarin. Meski demikian, dukungan dan perhatian dari banyak pihak seakan tidak pernah habis untuk anak tersebut.

Khususnya dari pihak keluarga ibunda Rayyan, Ani Supriyatin, dan keluarga Aipda Donny Sugiarto, orantua asuh Rayyan.

Sepeninggal ibunya, Rayyan untuk sementara waktu masih akan tinggal dengan keluarga ibunya di Dusun Gedongan, Desa Blondo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

"Rayyan bebas tinggal dimana saja, mau disini atau di rumah Pak Donny. Tapi yang pasti keluarga tetap akan mendukung dan memback up masa depan dia sepenuhnya," ujar Suprayitno, adik ibunda Rayyan, di rumah duka, Jumat (9/3/2018).

Suprayitno juga memastikan jika Rayyan tidak akan jauh dari keluarga ibunya.

"Tinggalnya mau dimana-mana tidak masalah, yang penting untuk Rayyan tidak mungkin jauh dari sini (keluarga). Karena disini keluarga aslinya," imbuh Suprayitno.

Senada dengannya, orangtua asuh Rayyan, Aipda Donny juga membebaskan siswa kelas III SD itu untuk tinggal. Bagaimanapun, Rayyan masih memiliki keluarga dari pihak ibunya.

"Kami dan keluarga Bu Ani sudah sepakat dan berkomitmen untuk merawat Rayyan bersama-sama. Memang ke depan hatus ada kepastian hukum untuknya, tapi itu nanti dipikir pelan-pelan," kata Donny.

Dia tidak memungkiri, banyak pihak yang berusaha memanfaatkan kesempatan dengan musibah yang menimpa Rayyan. Akan tetapi dirinya sudah melakukan upaya antisipasi.

"Ada kemarin yang sempat menelepon saya dari luar kota, menanyakan nasib Rayyan sepeninggal ibunya. Mereka berencana mengasuhnya, tapi langsung saya jawab bahwa Rayyan sudah menjadi anak angkat saya," ungkap Donny.

Dengan kondisi yang ada saat ini, lanjut Rayyan, memang dibutuhkan kepastian hukum bagi Rayyan. Donny mengaku tidak ada maksud merenggut Rayyan dari keluarganya, namun dia juga tidak keberatan jika harus memasukkan Rayyan ke dalam daftar Kartu Keluargamya (KK).

"Secara tertulis, untuk KK ikut saya tidak masalah. Bukan untuk apa-apa, hanya untuk kepastian payung hukum dan keamanan Rayyan saja. Kalau sudah dewasa baru kita kasih pilihan ke anaknya langsung," jelas Donny.

Sementara itu, Rayyan terlihat lebih banyak diam di rumah keluarganya. Sesekali, dia juga tampak bermain dengan beberapa sepupunya yang tengah berkumpul.

Seperti yang diketahui, kisah Rayyan sempat viral dan mengundang perhatian dari banyak pihak. Anak itu dengan sabar merawat ibunya yang sakit gagal ginjal di rumah sakit sendirian.

Rayyan bahkan sempat diundang ke Jakarta beberapa kali untuk mengikuti shooting talkshow televisi nasional. Dia juga rencananya akan diajak umroh bersama salah satu artis tanah air, bulan April mendatang.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed