Hiiiy, Bengawan Solo di Blora Keruh dan Berbuih

Febrian Chandra - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 16:03 WIB
Sungai Bengawan Solo di Blora diduga tercemar
Foto: Bengawan Solo di Blora diduga tercemar (Febrian/detikcom)
Blora -

Bengawan Solo di Kecamatan Cepu, Blora, diduga mengalami pencemaran karena warna airnya menjadi kecokelatan dan berbuih. Namun, masih ada warga yang nekat mandi di sungai.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (30/6/2020), sekitar pukul 13.00 WIB, air Bengawan Solo tampak keruh dan mengeluarkan buih. Meski berwarna keruh air sungai itu tidak berbau menyengat. Tampak ada dura orang dewasa dan seorang balita yang tengah mandi di sungai.

Salah seorang warga Desa Ngloram, Suratmin (65), mengaku kondisi air Bengawan Solo yang berwarna pekat itu sering terjadi. Namun hal itu tak menyurutkan niatnya untuk mandi berendam di sungai tersebut.

"Kalau seperti ini, sering terjadi," kata Suratmin usai mandi di Bengawan Solo bersama cucunya, siang tadi.

Suratmin pun tidak merasakan gatal meski mandi di sungai yang diduga tercemar tersebut. "Tidak gatal, karena memang sudah biasa," ujarnya.

Diwawancara terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Blora, Dewi Tedjowati mengaku sudah mengetahui soal dugaan pencemaran Bengawan Solo itu. Namun, pihaknya belum mengecek ke lokasi.

"Debit air berkurang, akan tetapi volume limbah yang masuk di Bengawan Solo tetap sama, dan membuat air saat ini menjadi agak keruh," terang Dewi.

Dia pun memastikan pencemaran itu bukan berasal dari Kabupaten Blora. Dia menduga pencemaran itu berasal dari wilayah hulu.

"Seperti dari pabrik ciu dan yang lainnya," ujar Dewi.

Selanjutnya
Halaman
1 2