Pakar ISI Yogya Soal Yamko Rambe Yamko: Musiknya Pas dengan Tarian Papua

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 17:54 WIB
Peta Papua
Peta Papua. (Foto: Screenshot google maps)
Yogyakarta -

Lagu Yamko Rambe Yamko ramai dibahas di lini masa yang menyebut lagu itu bukan bahasa Papua. Dosen Prodi Etnomusikologi Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, I Nyoman Cau Arsana mengaku belum bisa memastikan lagu Yamko Rambe Yamko dari bahasa mana, namun musikalisasi lagu itu erat dengan budaya Papua.

"Dari sisi kebahasaan saya belum tahu apakah dari Papua atau dari suku-suku yang ada di Papua, jadi saya belum tahu persis ya. Mungkin masalah bahasa itu perlu ditanyakan kepada orang Papua," kata Cau saat dihubungi detikcom, Senin (29/6/2020).

Cau mengaku tidak bisa memastikan bahasa yang di lirik lagu Yamko Rambe Yamko. Namun, lagu tersebut kerap dipadukan untuk mengiringi tarian Yosim Pancar.

"Mungkin ada kecurigaan itu bukan bahasa Papua, tapi orang Papua menilai itu (lagu Yamko Rambe Yamko) cocok dengan budayanya dia. Karena sampai saat ini kan masih berkembang di Papua," ujarnya.

Cau menilai dari sisi karakter musikalnya, lagu Yamko Rambe Yamko penuh dengan unsur semangat. Hal itu tampak dari gerak tari yang penajamannya pada gerak kaki untuk mengiringi lagu tersebut.

"Gerak-gerak kaki itu memang sangat relevan dan sangat harmonis dengan suasana gerak-gerak yang bersumber pada gerak kaki. Itu kalau dari sisi suasana musikal, kalau dari sisi aspek musiknya," ucapnya.

Dia menyebut lagu daerah Indonesia timur memiliki ciri khas dengan gerakan kaki. Gerakan itu mengekspresikan semangat dan ekspresi saat membawakan lagu Yamko Rambe Yamko.

"Nah kalau dari sisi itu, kok sangat pas saya rasakan Yamko Rambe Yamko. Karena kalau menggarap misalnya tari untuk Nusantara pasti ke Yamko Rambe Yamko dan diiringi dengan tifa," katanya.

"Sementara yang dari teman tari ekspresi geraknya pada penguatan gerak kaki itu. Nah, dari sisi itu kok harmonisnya saya rasakan pas, tapi apakah dari situ memang (lagu Yamko Rambe Yamko) asli Papua, karena saya belum tahu saya sejarahnya," imbuh Cau.

Sebelumnya diberitakan, lagu Yamko Rambe Yamko ramai dibahas di lini masa yang menyebut lagu itu bukan bahasa Papua. Polemik soal lagu ini awalnya dicuit akun Twitter @PapuaItuKita, pada Jumat (26/6).

Tonton juga video 'Yamko Rambe Yamko Bukan Lagu dari Papua?':

Selanjutnya
Halaman
1 2