BPNB Papua: Belum Ada Literatur Yamko Rambe Yamko dari Bahasa Mana

Idham Kholid - detikNews
Sabtu, 27 Jun 2020 15:24 WIB
Foto Tangkapan layar cuitan soal lagu Yamko Rambe Yamko.
Tangkapan layar cuitan soal lagu Yamko Rambe Yamko. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Lagu Yamko Rambe Yamko ramai dibahas di lini masa yang menyebut lagu itu bukan bahasa Papua. Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua Ditjen Kebudayaan Kemendikbud mengatakan belum ada literatur pasti soal asal bahasa lagu itu.

"Dari peneliti saya, memang belum ada data pasti, literatur yang menyatakan itu dari mana. Tetapi dari beberapa kata yang ada di situ, seperti 'yamko', itu ada 'marga' di Genyem (salah satu daerah di Papua)," kata Kepala UPT BPBN Papua Dessy Polla Usmani saat dihubungi detikcom, Sabtu (27/6/2020).

Dessy juga berkomunikasi dengan seseorang yang pernah mewawancarai salah satu tokoh masyarakat Biak. Tokoh masyarakat Biak itu menyebut lagu Yamko Rambe Yamko bukan bahasa Biak.

"Dia menginfokan hasil wawancara dia dengan salah satu tokoh masyarakat Biak, itu bukan bahasa Biak. Tetapi dulu di masa Belanda tahun 1963 itu katanya ada seorang seniman datang mengajar. Ini perlu diteliti," ujarnya.

Karena itu, dia belum bisa menjelaskan pasti arti dari Yamko Rambe Yamko itu. Namun beberapa kata di lagu tersebut ada di Papua.

"Itu kan bahasanya belum diketahui bahasa apa. Cuma tadi yang kami bahas dari kata-kata itu, ada kata-kata yang misalnya 'yamko' itu ada satu marga, aronawa, terus ada satu sungai di Genyem itu Grime Nawa, maksudnya dihubungkan kira-kira. Terus kombe biasanya ada teman itu dari Genyen panggil kombe artinya saudara laki-laki. Kombe atau kumbe," paparnya.

Dessy juga sudah mencoba bertanya ke grup percakapan seniman-seniman di Papua. Hasilnya, juga belum dipastikan asal bahasa itu.

"Ada grup seniman, 'Nggak ada literatur ngomong itu, nggak tahu itu bahasa dari mana, hanya itu dulu dinyanyikan oleh anak-anak Papua, sehingga diketahui dari Papua'," kata Dessy menirukan ucapan seniman itu.

Lagi Viral! Yamko Rambe Yamko Bukan Lagu dari Papua?:

Dessy menegaskan pihaknya akan meneliti lebih jauh soal lagu Yamko Rambe Yamko. Dia juga akan melibatkan pakar bahasa dan linguistik.

Berikut lirik lagu Yamko Rambe Yamko tersebut:

Hee yamko rambe yamko aronawa kombe
Hee yamko rambe yamko aronawa kombe

Teemi nokibe kubano ko bombe ko
Yuma no bungo awe ade
Teemi nokibe kubano ko bombe ko
Yuma no bungo awe ade

Hongke hongke hongke riro
Hongke jombe jombe riro
Hongke hongke hongke riro
Hongke jombe jombe riro

Sebelumnya, polemik soal lagu ini awalnya dicuit oleh akun Twitter @PapuaItuKita, pada Jumat (26/6). Hingga hari ini Sabtu (27/6/2020) pukul 12.15 WIB, cuitan itu mendapat like 11.300 kali dan di-retweet sebanyak 4.300 kali oleh netizen hingga viral.

"Lagu Yamko Rambe Yamko, lagu daerah Irian Jaya/Papua. Artis besar sampai anak sekolah menyanyi lagu itu. Coba cek tanya ke orang Papua itu lagu dari Papua mana, bahasa Papua mana? orang Papua tidak tahu & tidak mengakui itu sebagai lagu daerah. Siapa Paksa jadi lagu Papua?," tulis akun Twitter itu seperti dilihat detikcom.

"Tidak ada utas lanjutan tentang ini, karena memang tidak tahu bahasa Papua dari suku mana atau itu bahasa daerah mana. Kalau ada yang tahu, silakan kasih informasi," sambungnya.

(idh/hri)