Wisuda Online di Semarang: Toga dan Biaya Konsumsi Dikirim ke Wisudawan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Selasa, 16 Jun 2020 13:08 WIB
Wisuda online di Undip Semarang
Foto: Wisuda online di Undip Semarang (Angling/detikcom)

Wisuda daring juga digelar Universitas Negeri Semarang (Unnes). Bedanya Unnes menggunakan aplikasi Zoom, sementara para wisudawan sudah menggunakan toga di rumah atau kos masing-masing.

Wisuda daring ini dipimpin Rektor Unnes, Prof Fathur Rokhman. Para wisudawan pun diminta memindah tali toga sendiri atau dibantu orang tuanya.

"Prosesi ini merupakan wisuda virtual pertama kali. Para wisudawan mengikuti upacara dari rumah masing-masing. Toga kita kirim ke peserta ke rumah masing masing, untuk menghindari kerumunan, legalisir ijazah dan transkip juga akan dikirim oleh fakultas masing-masing. Sedangkan Ijazah asli dapat diambil di fakultas masing-masing sesuai jadwal yang ditetapkan oleh fakultas dengan memperhatikan protokol kesehatan," urai kata Wakil Rektor Unnes Bidang Akademik Prof Dr Zaenuri.

"Ijazah tidak dikirim untuk menghindari risiko hilang, rusak dan lain lain. Untuk keperluan wisudawan dapat menggunakan fotokopi ijazah legalisir yang dikirim," sambung Zaenuri.

Sementara itu Rektor Fathur mengatakan perkuliahan dan wisuda masih akan berlangsung secara online sesuai arahan dari pemerintah pusat. Pihak kampus pun masih mempersiapkan diri untuk menghadapi new normal kuliah.

"Ini dilakukan daring pertama di Unnes. Nanti wisuda ke-103 dan selanjutnya sampai kondisi memungkinkan, akan lakukan daring," tutur Fathur.

Halaman

(ams/mbr)