Pukat UGM Sambut Baik Kelompok 'New KPK' Dukung Novel Baswedan

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 15 Jun 2020 11:27 WIB
ilustrasi kasus novel baswedan
Ilustrasi Novel Baswedan. (Foto: dok detikcom)
Yogyakarta -

Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) UGM menilai dukungan sejumlah pihak kepada Novel Baswedan dengan membentuk 'New KPK' adalah hal wajar. Hal itu sebagai penguatan kepada Novel untuk mendapatkan keadilan.

"Menurut saya dukungan tersebut adalah hal yang wajar ya karena memang tuntutan sangat ringan terhadap para terdakwa penyerang Novel ini bisa menyebabkan hilangnya keadilan bagi korban, dalam hal ini Novel," kata peneliti Pukat UGM, Zaenur Rohman kepada detikcom, Senin (15/6/2020).

Karena itu, berbagai pihak dari berbagai latar belakang memberikan dukungan kepada Novel, baik dengan mendatangi secara langsung hingga dukungan melalui media sosial. Menurutnya, semua itu sebagai bentuk penguatan untuk Novel.

"Semua itu bertujuan untuk memberikan penguatan kepada Novel agar tetap tegar, tetap bersedia untuk menjalankan tugas-tugas pemberantasan korupsi," ujarnya.

"Meskipun sepertinya sejauh ini alat negara, para penegak hukum yang memproses perkara penganiayaan terhadap Novel justru jauh dari tugasnya untuk memberikan keadilan bagi Novel," lanjut Zaenur.

Lebih lanjut, Zaenur juga meminta KPK tetap menjalankan tugas sebagaimana mestinya yakni memberantas korupsi tanpa pandang bulu. Selain itu, dia juga meminta KPK memberi perlindungan bagi pegawainya dalam menjalankan tugas.

Penyerangnya Dituntut 1 Tahun, Novel: Aneh, Janggal, Lucu: