Salat Jumat di Masjid Agung Kauman Magelang, Jemaah Wajib Bermasker

Eko Susanto - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 15:18 WIB
Suasana salat Jumat di Masjid Agung Kauman Kota Magelang, Jumat (5/6/2020)
Foto: Suasana salat Jumat di Masjid Agung Kauman Kota Magelang. (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Masjid Agung Kauman Magelang kembali menggelar salat Jumat berjemaah di masa pandemi virus Corona atau COVID-19. Para jemaah yang hadir pun wajib bermasker dan menjaga jarak.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (5/6), gerbang masjid yang dibuka hanya ada satu. Para jemaah yang masuk lewat pintu samping masjid ini pun lalu dicek suhu tubuhnya menggunakan thermogun.

Para jemaah juga wajib memakai masker. Setelah dicek kesehatannya, para jemaah dipersilakan mencuci tangan di wastafel yang disediakan. Selain itu, para jemaah juga sudah diminta wudu di rumahnya masing-masing.

Kemudian saf antara jemaah diberi jarak 1,2 meter. Jarak antarsaf juga diberi tanda dengan lakban warna hitam, selain itu khotbah pun dipersingkat.

Terpisah, Ketua Bidang Pembangunan Masjid Agung Kauman Magelang, Puji Hartono mengatakan kegiatan salat Jumat ini digelar setelah ada surat edaran dari Kementerian Agama, dan pemberitahuan dari Pemkot Magelang. Selain itu, tadi malam, antara takmir dan warga RW 1 Kauman langsung rapat bersama terkait pelaksanaan salat Jumat berjemaah ini.

"Dengan adanya surat edaran Kementerian Agama dan Pemkot Magelang yang pada prinsipnya diizinkan, kami langsung bergerak dengan menerapkan protokol yang sudah ditetapkan," kata Puji usai salat di Masjid Agung Kauman Magelang, Jumat (5/6/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2