Kota Magelang Mulai New Normal Keagamaan, Masjid Boleh Gelar Salat Jumat

Eko Susanto - detikNews
Kamis, 04 Jun 2020 21:12 WIB
Poster
Ilustrasi. Foto: Edi Wahyono
Magelang -

Pemkot Magelang memperbolehkan masyarakat melaksanakan kegiatan new normal keagamaan di tempat ibadahnya masing-masing mulai Jumat (5/6/2020) besok. Salah satu syaratnya adalah masyarakat mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19).

"New normal keagamaan sudah diberlakukan, diperbolehkan untuk ibadah di masjid, musala dan gereja. Tapi yang perlu ditekankan adalah harus menerapkan protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19," kata Sekretaris Daerah Kota Magelang, Joko Budiyono dalam keterangan tertulis, Kamis (4/6/2020).

"Mulai besok salat Jumat di masjid sudah diperbolehkan dengan menerapkan protokol kesehatan," sambung Joko saat dimintai konfirmasi detikcom.

Dalam keterangannya lebih lanjut, kebijakan yang diambil Pemkot Magelang, kata Joko, mengacu pada Surat Edaran (SE) nomor 15/2020 Menteri Agama tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman COVID-19 di Masa Pandemi. Kemudian untuk kegiatan umat Islam sebagaimana dalam Maklumat MUI serta Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Selain itu, Pemkot Magelang telah menerbitkan surat pemberitahuan resmi nomor 451/283/123 tertanggal 4 Juni 2020. Dalam surat ini dijelaskan secara teknis kewajiban pengurus/takmir atau penanggung jawab rumah ibadah. Adapun di antaranya menyiapkan petugas untuk melakukan dan mengawasi protokol kesehatan di area rumah ibadah.

Selanjutnya
Halaman
1 2