Sambut New Normal, UGM Rencana Mulai Kuliah Tatap Muka Tahun Ini

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 17:05 WIB
Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM)
UGM. (Foto: dok. detikcom)
Yogyakarta -

Universitas Gadjah Mada (UGM) mendukung langkah pemerintah untuk menerapkan new normal atau tatanan hidup baru di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). UGM menerapkan proses belajar tatap muka pada tahun ajaran 2020/2021.

Kepala Pusat Inovasi dan Kajian Akademik (PIKA) UGM Hatma Suryatmojo menuturkan perkuliahan semester ganjil yang dimulai pada September 2020 akan dilakukan secara daring hingga pertengahan semester. Selanjutnya, bukan tidak mungkin pihaknya mulai akan beralih ke pembelajaran tatap muka jika situasi dan kondisi sudah memungkinkan.

"Rencananya semester depan setengah semester pembelajaran daring hingga UTS, dan setelah itu harapannya sudah bisa masuk kelas. Tapi kalau kondisi tidak memungkinkan, berarti satu semester akan secara penuh dilakukan daring," kata Hatma melalui keterangan tertulis, Rabu (3/6/2020).

Hatma mengatakan, sebelum pandemi Corona merebak, UGM telah memiliki fasilitas sistem pembelajaran online, di antaranya berupa elok.ugm.ac.id dan elisa.ugm.ac.id serta simaster.ugm.ac.id. untuk administrasi akademik. Karena itu, UGM tidak mengalami kesulitan dalam menerapkan perkuliahan secara online.

Setiap fakultas dan sekolah di UGM juga telah memiliki satuan tugas yang bertanggung jawab dalam mendukung pengembangan proses pembelajaran secara daring.

"Ini merupakan program pelatihan yang dilakukan akhir tahun lalu. Jadi kita sudah memiliki sistem pendukung di semua fakultas," ujarnya.

Selain itu, dalam sebuah survei yang melibatkan ribuan mahasiswa dan dosen sebagai responden, sebanyak 80 persen mahasiswa mengutarakan bahwa dosen telah mampu menyampaikan materi secara online dengan kualitas yang sama saat kuliah dilaksanakan di dalam kelas.

Sementara itu, sebanyak 60 persen dosen juga mengaku telah cukup familiar dengan sistem pembelajaran daring.

"Hasil ini lumayan bagus, berarti sivitas UGM sendiri cukup cepat menguasai," ucapnya.

Bila kegiatan pendidikan dan pengajaran dilakukan secara daring atau virtual, begitupun dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2