Haji 2020 Batal, Kemenag DIY Siap Layani Refund Ribuan Calon Jemaah

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 17:39 WIB
Kanwil Kemenag DIY
Foto: Kanwil Kemenag DIY (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat ada 3.147 calon jemaah yang gagal berangkat haji tahun ini. Kanwil Kemenag DIY pun siap mengembalikan uang calon jemaah haji yang memilih membatalkan keberangkatannya.

"Untuk Yogya itu kuotanya (haji) 3.147, itu untuk yang (seharusnya) berangkat tahun ini. Jumlah itu sudah meliputi petugas daerah 27 dan pembimbing KBIH dan KBIU itu empat orang, sehingga yang murni jemaah ada 3.116," kata Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji Kanwil Kemenag DIY, Agus Nur Budiatno saat dihubungi wartawan, Selasa (2/6/2020).

Agus melanjutkan, setiap jemaah tersebut telah membayar Rp 25 juta sebagai uang muka biaya haji dan sisanya dibayar saat keberangkatan. Dia menyebut biaya haji tahun ini, khusus dari embarkasi Solo sebesar Rp 35.972.602.

Pihaknya pun memberikan dua pilihan ke para calon jemaah haji. Salah satunya soal pengembalian biaya (refund) haji kepada calon jemaah.

"Ada dua opsi, misalnya (biaya haji) mau diambil boleh. Kalau tidak (diambil), tahun depan tetap diutamakan dan untuk pengajuan orang tua usia lanjut dan macam-macam itu tidak usah. Jadi (calon jemaah haji yang tertunda keberangkatannya tahun ini menjadi) jemaah tunda tahun 2021," ucapnya.

"Terus kalau mau diambil (syaratnya) mengajukan surat pengambilan, terutama untuk uang dikembalikan. Kalau tidak untuk ditunda tahun besok (tahun 2021)," imbuh Agus.

Selanjutnya
Halaman
1 2