Pemberangkatan Haji 2020 Dibatalkan, Begini Respons Para Calon Jemaah

Ragil Ajiyanto - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 16:27 WIB
Pemberangkatan calon jemaah haji tahun 2019 lalu di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.
Pemberangkatan calon jemaah haji tahun 2019 lalu di Asrama Haji Donohudan, Boyolali. (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Pemerintah memutuskan tidak memberangkatkan calon jemaah haji tahun 2020 ini. Calon jemaah haji di Kabupaten Boyolali mengaku pasrah dengan keputusan tersebut.

"Saya manut pemerintah saja, kalau pemerintah memang (memutuskan) seperti itu ya sudah, manut. Nggak apa-apa," kata salah seorang calon jemaah haji Boyolali, Darmastuti kepada wartawan, Selasa (2/6/2020).

Rencananya, warga Ranudimejan RT 05/02, Kelurahan Banaran, Kecamatan Boyolali itu akan berangkat tahun ini bersama suaminya. Dia mengaku sudah mendapat informasinya pemerintah tidak memberangkatkan calon jemaah haji tahun ini.

"Di-share di grup (WhatsApp) itu sudah, kalau (pemberitahuan) secara sendiri-sendiri belum. Kan juga baru saja," kata dia.

Dia juga mengaku tidak kaget dengan batalnya pemberangkatan jemaah calon haji tahun ini. Hal itu karena saat ini sedang terjadi pandemi virus Corona atau COVID-19.

Ditanya tentang persiapannya berangkat ibadah haji, Darmastuti mengaku persiapan yang dilakukan baru sedikit. Yaitu apa yang diperintahkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) dia lakukan.

"Persiapannya juga baru sedikit, misalnya disuruh suntik meningitis, itu sudah. Ada pemberitahuan dari Kemenag apa ya kita lakukan," imbuh Darmastuti.