Belum Siapkan New Normal, Pemkab Boyolali: Masih Tanggap Darurat

Ragil Ajiyanto - detikNews
Rabu, 27 Mei 2020 18:00 WIB
Sekda Boyolali Masruri
Foto: Sekda Boyolali Masruri (Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Pemkab Boyolali belum melakukan persiapan pemberlakuan new normal di masa pandemi virus Corona atau COVID-19. Sekretaris Daerah (Sekda) Boyolali Masruri beralasan pihaknya saat ini masih masa tanggap darurat pandemi virus Corona.

"Belum, karena itu belum pasti (new normal). Masih tanggap darurat. New normal kalau sudah pasti baru akan kita siapkan, kan kita harus matang-matang juga, harus ada perhitungan juga," kata Masruri kepada wartawan, Rabu (27/5/2020).

Masruri menyebut masyarakat perlu diedukasi terlebih dahulu sebelum menerapkan new normal. Protokol kesehatan di masa pandemi Corona harus diperketat agar tidak terjadi lonjakan kasus positif COVID-19.

"Masyarakat harus kita edukasi. Kalau nanti new normal, orang-orang sudah agak bebas untuk itu ya protokol kesehatannya harus lebih ketat. Kalau nggak lebih ketat nanti kasus COVID-19 kita nanti kurvanya akan naik," katanya.

Pihaknya pun kini masih menunggu arahan kebijakan dari pemerintah pusat untuk pemberlakuan new normal. Selain itu, masyarakat juga sudah mapan dalam protokol kesehatan.

"Kalau edukasi masyarakat belum mapan ya agak berat. New normal kan sudah agak bebas to, itu nanti kalau edukasi masyarakatnya untuk protokol kesehatannya masih banyak masyarakat yang belum sadar pakai masker dan sebagainya, nanti kasihan masyarakatlah," jelas Masruri.

Selanjutnya
Halaman
1 2